Pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas dan kinerja pasar perusahaan (Study empiris pada perusahaan LQ45 periode 2007-2008) / Nita Arista - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas dan kinerja pasar perusahaan (Study empiris pada perusahaan LQ45 periode 2007-2008) / Nita Arista

Arista, Nita (2011) Pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas dan kinerja pasar perusahaan (Study empiris pada perusahaan LQ45 periode 2007-2008) / Nita Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Corporate Social Responsibility Return on Asset Cumulative Abnormal Return Corporate Social Responsibility adalah topik yang telah lama ada dan menjadi perdebatan mengenai kenapa perusahaan harus menerapkan CSR dalam operasinya sehari hari. Dengan melakukan CSR perusahaan artinya perusahaan mempertimbangkan kepentingan semua stakeholder sehingga akan meningkatkan kinerja perusahaan termasuk dalam profitabilitas. Perusahaan dengan CSR berarti mengurangi risiko sehingga akan menarik investor dan meningkatkan harga sahamnya di pasar. Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran tentang pengaruh Corporate Social Responsibility yang dilaksanakan oleh perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia terhadap profitabilitas (Return on Asset) dan kinerja pasar (Cumulative Abnormal Return) perusahaan dengan memasukkan size dan leverage sebagai varibel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang termasuk dalam daftar perusahaan LQ45 pada Bursa Efek Indonesia. Perusahaan LQ45 digunakan sebagai populasi karena perusahaan tersebut mempunyai kewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan kepada pihak luar perusahaan dan memiliki likuiditas serta kapitalisasi pasar yang besar dalam Bursa Efek Indonesia. Dari 45 perusahaan yang tercatat dalam daftar perusahaan LQ45 diambil 24 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya dalam purposive sampling. Periode penelitian selama dua tahun sehingga total pooled data adalah 48 data.Metode analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS for window release 16.0. Secara simultan ada pengaruh yang signifikan faktor-faktor CSR size dan leverage terhadap profitabilitas perusahaan LQ45. Pengaruh tersebut sebesar 22.2 % sedangkan sisanya sebesar 77.8 % di pengaruhi faktor-faktor lain. Secara parsial hanya CSR saja yang berpengaruh secara signifikan namun hasil penelitian berhasil menemukan arah hubungan positif antara size dan ROA serta hubungan negatif antara leverage dan ROA. Hipotesis kedua bahwa CSR berpengaruh terhadap CAR tidak terbukti. Namun hasil penelitian berhasil menemukan arah hubungan size dan CAR leverage dan CAR. Simpulan dari penelitian ini yaitu CSR berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan namun tidak berpengaruh terhadap kinerja pasar perusahaan LQ45. Saran yang diberikan kepada para peneliti selanjutnya adalah perlu untuk menggunakan metode yang lebih obyektif untuk mengukur CSR dan membedakan sampel berdasarkan jenis industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36303

Actions (login required)

View Item View Item