Utomo, Irvan Cahyo (2015) Hubungan antara budaya organisasi dan motivasi spiritual dengan kinerja pembelajaran berdasarkan persepsi guru di SMAK Kota Malang / Irvan Cahyo Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
12288 12288 12288 12288 Kebutuhan interaksi sesama manusia merupakan suatu kegiatan yang melekat pada kehidupan manusia. Selain sebagai individu manusia juga merupakan makhluk hidup yang membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup. Selain itu manusia juga harus mampu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya. Manusia saling berinteraksi guna mewujudkan tujuan yang telah ditentukan baik itu tujuan manusia sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial. Dalam usaha mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan proses pendidikan dapat berjalan dengan baik maka peran tenaga kependidikan dan pendidik sangat penting untuk berlangsungnya pendidikan di sekolah secara optimal. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki hak untuk berkumpul dalam suatu wadah yang dinamakan organisasi. Dalam hal ini masing-masing individu saling bekerjasama satu sama lain dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi. Setiap organisasi memiliki karakteristik khusus yang berbeda satu sama lain yang menjadikan ciri khas suatu organisasi ciri khas tersebut disebut budaya. Setiap individu dalam bekerja memiliki kinerja yang berbeda satu sama lain dalam hal ini terdapat sikap dan nilai yang merupakan dorongan atau motivasi setiap individu untuk mencapai tujuan. Motivasi harus dimiliki oleh seseorang yang sedang menjalani kehidupan termasuk juga dengan motivasi spiritual. Kesadaran ini menjadikan seseorang memilki motivasi yang disesuaikan dengan tuntutan akan beribadah serta mengamalkan nilai spiritual yang ada pada diri setiap individu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi berdasarkan persepsi guru motivasi spiritual berdasarkan persepsi guru kinerja pembelajaran berdasarkan persepsi guru hubungan antara budaya organisasi dengan kinerja pembelajaran berdasarkan persepsi guru hubungan antara motivasi spiritual dengan kinerja pembelajaran berdasarkan persepsi guru hubungan antara budaya organisasi dan motivasi spiritual dengan kinerja pembelajaran berdasarkan persepsi guru 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan populasi guru SMAK Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 122 guru. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi ganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya Organisasi meliputi unsur-unsur dan dimensi budaya organisasi guru SMAK Kota Malang termasuk dalam kategori baik motivasi spiritual meliputi unsur-unsur motivasi spiritual guru SMAK Kota Malang termasuk dalam kategori tinggi kinerja pembelajaran meliputi perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran guru SMAK Kota Malang termasuk dalam kategori baik secara parsial terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi dan kinerja pembelajaran guru di SMAK Kota Malang secara parsial terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi spiritual dan kinerja pembelajaran guru di SMAK Kota Malang secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi dan motivasi spiritual dengan kinerja pembelajaran guru di SMAK Kota Malang pembelajaran guru. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini antara lain (1) bagi kepala sekolah hendaknya mempertahankan dan lebih meningkatkan budaya organisasi dan motivasi spirtual dengan kinerja pembelajaran para guru sehingga dapat meningkatkan lagi kategori yang sudah tinggi menjadi sangat tinggi (2) bagi guru berdasarkan hasil penelitian bahwa budaya organisasi dan motivasi spiritual mempunyai hubungan yang signifikan dengan kinerja pembelajaran sehingga diharpkan pegawai dapat belajar dan meningkatkan budaya organisasi dalam lingkungan kerja serta motivasi spiritual dalam diri para guru sehingga dapat menghasilkan kinerja pembelajaran yang maksimal (3) bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai sarana untuk menambah wawasan tentang sumber daya manusia khususnya mengenai kinerja pembelajaran (4) bagi peneliti lain dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yaitu motivasi fisik dan hadiah atau reward kepada guru berprestasi termasuk juga SMAK yang belum masuk pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3630 |
Actions (login required)
View Item |