Pengaruh persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap minat menjadi guru dan prestasi belajar (studi kasus pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Redi Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap minat menjadi guru dan prestasi belajar (studi kasus pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Redi Wibowo

Wibowo, Redi (2010) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap minat menjadi guru dan prestasi belajar (studi kasus pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Redi Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Mahasiswa tentang Program Sertifikasi Minat Menjadi Guru dan Prestasi Belajar Globalisasi yang sedang kita hadapi bersama dapat dipastikan melanda seluruh aspek kehidupan kita. Globalisasi tersebut dapat membawa kita pada tingkat persaingan yang semakin ketat sehingga memerlukan perhatian yang lebih besar bagi dunia pendidikan. Pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi aspek yang penting karena merupakan proses peningkatan kualitas manusia. Pembangunan bidang pendidikan memiliki relevansi yang tinggi dengan peningkatan sumber daya manusia. Dalam peranannya untuk mencapai peningkatan kualitas sumber daya manusia pembangunan bidang pendidikan menghadapi berbagai permasalahan yang mendesak untuk segera dicarikan pemecahannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut yaitu dengan diadakannya sertifikasi guru. Sertifikasi guru dilaksanakan berdasarkan Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan. Persepsi adalah suatu konsep yang ditempuh individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan kesan-kesan indera agar memberi makna bagi lingkungan (Robbins 2001 160). Sertifikasi guru dapat menimbulkan persepsi yang berbeda-beda tiap individu. Selanjutnya persepsi tentang sertifikasi guru tersebut dapat mempengaruhi minat menjadi guru. Hurlock (2004 114) menyatakan bahwa minat menambah kegembiraan pada setiap kegiatan yang ditekuninya. Bila seseorang berminat terhadap suatu kegiatan yang menurutnya menyenangkan maka mereka akan berusaha keras dan akhirnya dapat meningkatkan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap minat menjadi guru yang kedua yaitu untuk mengetahui pengaruh langsung minat menjadi guru terhadap prestasi. Tujuan penelitian yang ketiga yaitu untuk mengetahui pengaruh langsung persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap prestasi dan tujuan penelitian yang terakhir yaitu untuk mengetahui pengaruh tidak langsung persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap prestasi melalui minat menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 Universitas Negeri Malang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dan diperoleh sebesar 35% dari 157 mahasiswa atau 55 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru dan variabel minat menjadi guru yang berupa hasil angket. Sedangkan data untuk variabel prestasi belajar adalah data sekunder yaitu berupa IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) semester 5. ii Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai koefisien beta terstandarisasi 0 155 . Sedangkan minat menjadi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien beta terstandarisasi 0 004. Persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien beta terstandarisasi 0.078. Kemudian persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar melalui minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2007 Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diberikan adalah (1) mahasiswa diharapkan sebisa mungkin selalu memiliki persepsi yang baik terhadap sertifikasi guru karena dapat meningkatkan minat menjadi guru dan prestasi belajar. (2) Peneliti disarankan untuk menambahkan variabel lain misalnya suasana rumah lingkungan keluarga motivasi dan memperluas populasi penelitian serta disarankan tidak hanya dilakukan dengan kuisioner (angket saja) untuk pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36286

Actions (login required)

View Item View Item