Implementasi manajemen Moslem Personality Insurance Program (studi kasus di MI YKUI Maskumambang Putri Dukun Gresik) / Asri Rohma Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen Moslem Personality Insurance Program (studi kasus di MI YKUI Maskumambang Putri Dukun Gresik) / Asri Rohma Pratiwi

Pratiwi, Asri Rohma (2015) Implementasi manajemen Moslem Personality Insurance Program (studi kasus di MI YKUI Maskumambang Putri Dukun Gresik) / Asri Rohma Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan kemajuan Teknologi Informasi saat ini akan berdampak positif dan negatif yang luar biasa bagi generasi muda. Diantaranya pergaulan yang bebas dan tawuran antar pelajar. Dampak tersebut membuat pemerintah memberlakukan pendidikan karakter pada tahun 2011. Pondok Pesantren Maskumambang memiliki Yayasan Kebangkitan Umat Islam (YKUI) Maskumambang berperan sebagai lembaga pendidikan formal mulai jenjang tingkatan MI MTs MA dan SMK. YKUI Maskumambang membuat suatu program unggulan sekolah yaitu Moslem Personality Insurance Program (Program MPI). Program MPI merupakan program yang digagas oleh Pondok Pesantren Maskumambang untuk mengawal murid berkepribadian Islami yang sesuai dengan Visi dan Misi Pondok Pesantren Maskumambang. MI YKUI Maskumambang Putri merupakan bagian dari YKUI Maskumambang menampungnya Murid berusia sekitar 7-12 tahun. Usia tersebut merupakan masa pertumbuhan fisik dan mental serta mengawali pembentukan kepribadian anak sejak dini. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai manajemen Program MPI tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan pengawasan faktor pendukung dan faktor penghambat Program MPI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan data hasil wawancara tindakan melalui pengamatan dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data pengecekan anggota peningkatan ketekunan dan penggunaan bahan referensi. Analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh lima simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan Program MPI memiliki tahap-tahap kegiatan yaitu 1) analisis kebutuhan murid sumber daya manusia (SDM) dan lingkungan 2) merumuskan Program MPI dengan mengadakan kegiatan yaitu Daily Report Halaqoh Pagi Pembiasaan Sholat Dhuha dan Dhuhur Berjama ah dan Home Visit 3) persiapan SDM yaitu Murobbi sebagai operator yang telah mengikuti pelatihan-pelatihan dan perangkat sarana lain diantaranya Buku MPI dan Buku Kontak Bina Murid (BKBM) 4) merumuskan Standar Quality Daily Report yang sesuai dengan obyek standarisasi kepribadian murid dan 5) sosialisasi Program MPI kepada orangtua pada awal tahun pelajaran untuk murid baru. Kedua pengorganisasian Program MPI memiliki tingkatan-tingkatan manajemen yaitu 1) top management yaitu pihak MPDC yang bertugas membuat dan merencanakan Program MPI dengan menganalisis mempersiapkan SDM membuat standar komponen dan menindak perbaikan sistem 2) midle management yaitu Muroqib/Kepala Madrasah yang bertugas mengontrol mutu di madrasah mengukur dan menganalisis laporan hasil Program MPI dan 3) operator yaitu Murobbi/Walikelas yang bertugas mengimplementasikan dan membuat laporan hasil Program MPI. Ketiga pelaksanaan Program MPI diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dimulai dengan Kehadiran Murobbi menyambut kedatangan murid ketika berbaris di depan kelas sebelum masuk kemudian dimulai kegiatan Halaqoh dengan tiga tahap kegiatan yaitu pembacaan Al-Qur an penyampaian tausiyah dan merekap Daily Report masing-masing kegiatan berdurasi selama 10 menit. Kegiatan selanjutnya yaitu murid melakukan sholat sunnah Dhuha di waktu istirahat pertama dan ketika waktu Dhuhur tiba melaksanakan sholat Dhuhur berjama ah di aula sekolah dengan dimonitor oleh Murobbi. Pelaksanaan Home Visit jarang dilakukan karena kegiatan home visit hanya dilaksanakan sekali dalam semester dan jika Murobbi tidak dapat mengatasi permasalahan murid di sekolah sehingga memerlukan Murobbi untuk berkunjung ke rumah murid. Keempat Pengawasan Program MPI dilakukan dengan sistem kontrol harian melalui mekanisme kerja yaitu para Murobbi merekap Buku MPI yang ditulis murid dengan BKBM setiap hari saat Kegiatan Halaqoh Pagi dan setiap hari Kamis para Murobbi memasukkan hasil Daily Report pada Aplikasi Website Program MPI. Muroqib/Kepala MI mengawasi pelaksanaan Program MPI dengan kehadiran dan kepulangan Murobbi pada Daftar Hadir Murobbi. Pengevaluasian Program MPI dilakukan setiap bulan melalui rapat bulanan yang dihadiri pihak MPDC Muroqib dan para Murobbi. Kelima Faktor Pendukung Program MPI meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal meliputi pengawasan yang berkesinambungan pembiasaan perangkat media buku Daily Report dan buku kontak BKBM Para Murobbi serta pengawasan dari pihak MPDC. Faktor Ekstern meliputi kerjasama dengan orang tua dan lingkungan yang agamis. Faktor Penghambat Program MPI meliputi ramainya murid yang tidak mendengarkan pada saat pemberian Tausiyah oleh Murobbi pada saat pembinaan kegiatan Halaqoh tidak adanya variasi dalam metode pemberian tausiyah. Saran-saran dalam penelitian ini yaitu kepada 1) Ketua MPDC diharapkan pada pelaksanaan berikutnya Program MPI bisa berkembang menjadi lebih baik lagi 2) Kepala MI YKUI Maskumambang Putri diharapkan pengawasan dan pendampingan moral semaksimal mungkin 3) Murobbi diharapkan pelaksanaan kegiatan Halaqoh Pagi pada saat pembinaan tausiyah harus menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan Murobbi diharapkan meningkatkan komitmen kuat dalam melaksanakan Program MPI 4) Murid diharapkan apa yang didapatkan di Program MPI dapat dijalankan sebagai motivasi intrinsik dalam kehidupan sehari-hari 5) Kementrian Agama RI agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi penelitian pendidikan karakter dan 6) Peneliti lain Agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek pendidikan karakter yang bermanfaat pada perkembangan dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3627

Actions (login required)

View Item View Item