Penerapan algoritma sequential insertion berbasis microsoft excel dalam menyelesaikan multi trip vehicle routing problem / Novella Novi Wijayanti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma sequential insertion berbasis microsoft excel dalam menyelesaikan multi trip vehicle routing problem / Novella Novi Wijayanti</p>

Wijayanti, Novella Novi (2024) Penerapan algoritma sequential insertion berbasis microsoft excel dalam menyelesaikan multi trip vehicle routing problem / Novella Novi Wijayanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

p Multi Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) merupakan salah satu varian Vehicle Routing Problem (VRP) di mana satu kendaraan dapat digunakan lebih dari satu kali perjalanan selama jam kerja kendaraan tidak melebihi batasan yang ditetapkan. Algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan MTVRP dalam penelitian ini adalah algoritma Sequential Insertion. Algoritma Sequential Insertion terdiri dari empat tahap. Tahap pertama adalah memilih kendaraan. Tahap kedua adalah memilih pelanggan pertama (seed customer). Tahap ketiga adalah menyisipkan pelanggan ke dalam rute. Tahap keempat kembali ke langkah satu. Pada penelitian ini dipilih Microsoft Excel sebagai alat bantu implementasi algoritma Sequential Insertion karena user interface Microsoft Excel lebih sederhana dan function yang disediakan dapat digunakan untuk membuat model sederhana dari suatu masalah VRP. Input yang diperlukan adalah jarak depot ke pelanggan dan pelanggan ke pelanggan waktu tempuh depot ke pelanggan dan pelanggan ke pelanggan jumlah pesanan masing-masing pelanggan dan service time kecepatan rata-rata kendaraan batas waktu maksimal perjalanan kendaraan dan kapasitas kendaraan. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma Sequential Insertion berbasis Microsoft Excel dalam menyelesaikan studi kasus MTVRP yang berfokus pada pendistribusian tabung gas untuk menentukan rute kendaraan dan meminimumkan jarak dengan batasan-batasan yang diberikan. Penerapan algoritma Sequential Insertion pada penelitian ini berfokus pada masalah pendistribusian tabung gas pada 6 pelanggan dengan kapasitas kendaraan 100 tabung gas dan batas waktu kerja kendaraan dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Hasil yang diperoleh terdapat tiga rute dengan total jarak tempuh sebesar 837 km dan total waktu tempuh sebesar 15 94 jam serta dua kendaraan yang digunakan. /p

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/362674

Actions (login required)

View Item View Item