Integrasi pendidikan lingkungan hidup pada kurikulum di sekolah adiwiyata (studi kasus di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Devi Fitri Arimukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi pendidikan lingkungan hidup pada kurikulum di sekolah adiwiyata (studi kasus di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Devi Fitri Arimukti

Arimukti, Devi Fitri (2015) Integrasi pendidikan lingkungan hidup pada kurikulum di sekolah adiwiyata (studi kasus di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Devi Fitri Arimukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arimukti D. F. 2014. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup pada Kurikulum di Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (2) Prof. Dr. H. M. Huda A. Y. M.Pd. Kata kunci pendidikan lingkungan hidup kurikulum sekolah adiwiyata Sekolah diharapkan turut serta mengambil peran dalam lingkungan hidup serta mewujudkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan hidup. Sekolah dapat mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum yang diberikan di sekolah ataupun dengan cara menerapkan pendidikan lingkungan hidup sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri (monolitik). Penerapan pendidikan lingkungan hidup diintegrasikan ke dalam setiap mata pelajaran yang ada di SMK Negeri 1 Pasuruan sesuai dengan kurikulum yang digunakan yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan. Hasilnya diharapkan para peserta didik mampu menerapkan pengetahuan dan perilaku berbudaya lingkungan hidup ketika masih bersekolah dan sudah bekerja nantinya. Peserta didik dapat membantu industri atau perusahaan tempatnya bekerja untuk mengurangi dampak perusakan lingkungan yang pada akhirnya mampu mengembangkan industri berbasis lingkungan. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) gambaran umum pendidikan lingkungan hidup pada kurikulum di SMK Negeri 1 Pasuruan meliputi profil sekolah sebagai sekolah adiwiyata visi dan misi sekolah pihak-pihak yang terlibat dan prestasi yang di capai dalam penyelenggaraan pendidikan lingkungan hidup (2) proses pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup pada kurikulum di SMK Negeri 1 Pasuruan meliputi proses perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi kurikulum (3) dampak pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup pada kurikulum di SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi data. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu (1) pendidikan lingkungan hidup diintegrasikan ke dalam setiap mata pelajaran yang ada di SMK Negeri 1 Pasuruan (2) proses pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Pasuruan sesuai dengan proses manajemen yakni perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Perencanaan kurikulum yang terintegrasi pendidikan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Pasuruan terdapat dalam silabus dan RPP yang disusun oleh tim penyusun kurikulum. Mekanisme penyusunan kurikulum yang terintegrasi pendidikan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Pasuruan sudah sesuai dengan proses penyusunan KTSP. Pengorganisasian kurikulum yang terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Pasuruan dilakukan oleh kepala sekolah tim adiwiyata dan guru mata pelajaran. Pendidikan lingkungan hidup yang diterapkan secara integratif di dalam maupun di luar kelas. Sementara pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup juga dilakukan secara semi monolitik yaitu melalui pemberian materi mengenai lingkungan hidup kepada peserta didik pada kegiatan Sapa Abelisa (Sabtu Pagi Ayo Bersihkan Lingkungan Sekolah Anda). Evaluasi kurikulum yang terintegrasi pendidikan lingkungan hidup dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara melihat jurnal kegiatan harian guru dan laporan hasil belajar peserta didik. Kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik berupa pemberian tugas harian baik secara individu maupun kelompok tugas praktikum ulangan harian ujian tengah semester dan ujian akhir sekolah (3) dampak yang ditimbulkan setelah pendidikan lingkungan hidup diintegrasikan ke dalam mata pelajaran di sekolah adalah tingginya semangat belajar-mengajar yang ditunjukkan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan sekolah menjadi bersih tertata asri dan nyaman. Peserta didik juga bisa memanfaatkannya sebagi tempat belajar selain di dalam kelas. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah (1) Dinas Pendidikan Kota Pasuruan hendaknya menyusun program pendidikan yang berorientasi lingkungan hidup untuk semua lembaga pendidikan yang ada di Kota Pasuruan (2) Kepala SMK Negeri 1 Pasuruan hendaknya menyusun program sekolah berbasis lingkungan hidup yang lebih variatif dan memberikan manfaat pada lingkungan sekitar sekolah sehingga sekolah dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap peduli terhadap lingkungan hidup (3) Guru SMK Negeri 1 Pasuruan hendaknya semua guru di SMK Negeri 1 Pasuruan dapat mengevaluasi diri dan semakin mengoptimalkan kemampuannya dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah terutama yang berkaitan dengan pembelajaran lingkungan hidup (4) Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam bidang manajemen kurikulum di sekolah khususnya manajemen kurikulum yang berbasis pendidikan lingkungan hidup dan (5) Peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian dalam bidang manajemen kurikulum yang berkaitan dengan lingkungan hidup namun dalam ruang lingkup pengembangan kurikulum dan latar belakang sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item View Item