Hubungan tunjangan profesi dan kinerja guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Blimbing Kota Malang / Miftakhud Darojah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan tunjangan profesi dan kinerja guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Blimbing Kota Malang / Miftakhud Darojah

Darojah, Miftakhud (2015) Hubungan tunjangan profesi dan kinerja guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Blimbing Kota Malang / Miftakhud Darojah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Pendidikan yang baik sangat membutuhkan guru yang profesional. Pendidik mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan pengetahuan keterampilan dan karakter peserta didik agar kinerja guru dapat selalu ditingkatkan dan mencapai standar tertentu guru membutuhkan dukungan dana. Dunia pendidikan di Indonesia mempunyai terobosan baru untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru yaitu dengan adanya tunjangan profesi sering disebut dengan tunjangan sertifikasi guru-guru juga sering menyebut Tunjangan Profesi Pendidik (TPP). 12288 12288 12288 12288 Masalah penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) seberapa besar tunjangan profesi guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) seberapa tinggi kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Blimbing Kota Malang dan (3) apakah ada hubungan antara tunjangan profesi dengan kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Blimbing Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) tunjangan profesi guru SDN se-Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) kinerja guru SDN se-Kecamatan Blimbing Kota Malang dan (3) hubungan tunjangan profesi dan kinerja guru SDN se-Kecamatan Blimbing Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu deskriptif korelasional dengan populasi terdiri dari para guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Blimbing Kota Malang yang berjumlah 313 orang dan sampel sebanyak 176 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratifed random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik angket data dianalisis dengan teknik korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tunjangan profesi berada pada kualifikasi tinggi yang berada pada interval 34-41 dengan persentase 52 3% (92 guru) (2) kinerja guru berada pada kualifikasi sangat tinggi hal ini dibuktikan dengan 153 guru (86 9%) responden memiliki kinerja guru sangat tinggi dan (3) ada hubungan yang signifikan antara tunjangan profesi yang diterima guru dan kinerja guru artinya semakin tinggi tunjangan profesi guru maka semakin tinggi pula kinerjanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Tunjangan profesi pada guru sekolah dasar negeri berada pada kategori tinggi dilihat dari masa kerja kegunaan tunjangan profesi dan besar tunjangan profesi (2) Kinerja guru termasuk berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa guru melaksanakan tugas dengan baik dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara tunjangan profesi dengan kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Blimbing Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Saran dari penelitian ini adalah (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya memantau penggunaan tunjangan profesi yang diterima oleh guru dan dapat memberikan semangat agar mempertahankan kinerjanya yang sudah baik (2) Kepala sekolah dasar negeri se-Kecamatan Blimbing Kota Malang selalu memberikan dorongan motivasi yang positif agar dapat mempertahankan kinerjanya dengan telah diperoleh tunjangan profesi (3) Guru-guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Blimbing Kota Malang yang telah mendapat tunjangan profesi agar dapat mempertahankan kinerja yang sudah sangat tinggi dan lebih ditingkatkan lagi untuk kompetensi profesionalnya yang belum berada di kategori sangat tinggi (4) Ketua Jurusan Program Studi Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi yang berhubungan dengan kinerja guru dan (5) Peneliti lain dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian sejenis dan lebih dikembangkan dengan subjek yang berbeda dan lebih mengembangkan dengan variabel motivasi dan kinerja guru PNS dan Non PNS yang belum menerima tunjangan profesi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item