Manajemen penyelenggaraan homeschooling (studi kasus di Sekolah Dolan Malang) / Devina Eka Sriwijayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penyelenggaraan homeschooling (studi kasus di Sekolah Dolan Malang) / Devina Eka Sriwijayati

Sriwijayati, Devina Eka (2015) Manajemen penyelenggaraan homeschooling (studi kasus di Sekolah Dolan Malang) / Devina Eka Sriwijayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sriwijayanti Devina Eka. 2014. Manajemen Penyelenggaraan Homeschooling (Studi Kasus di Sekolah Dolan Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Dr. H. Sultoni M.Pd. Kata Kunci manajemen homeschooling. Suatu lembaga atau organisasi baik yang bersifat sederhana maupun yang bersifat kompleks harus menerapkan manajemen yang baik agar mencapai tujuan yang maksimal termasuk juga lembaga pendidikan. Seiring dengan perkembangan zaman pendidikan mengalami pembentukan istilah jalur pendidikan. Jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal informal dan non-formal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya. Pendidikan informal yang mendapat sorotan sekarang yaitu homeschooling. Homeschooling adalah model pendidikan dimana sebuah keluarga memilih untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan. Homeschooling juga dianggap sebagai pendidikan alternatif maka penyelenggaraan homeschooling sebaiknya diselenggarakan secara profesional sehingga penyelenggaraan homeschooling memperhatikan berbagai unsur yang melandasi dan yang menunjangnya salah satunya adalah dengan manajemen yang baik. Penelitian ini dilakukan di Homeshcooling yaitu di Sekolah Dolan Malang. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan perencanaan penyelenggaraan homeschooling di Sekolah Dolan Malang (2) mendeskripsikan pengorganisasian penyelenggaraan homeschooling di Sekolah Dolan Malang (3) mendeskripsikan pelaksanaan penyelenggaraan homeschooling di Sekolah Dolan Malang (4) mendeskripsikan evaluasi penyelenggaraan homeschooling di Sekolah Dolan Malang dan (5) mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam penyelenggaraan manajemen homeschooling di Sekolah Dolan Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data display data dan verifikasi data. Temuan penelitian ini (1) perencanaan penyelenggaraan homeschooling di Sekolah Dolan Malang. Perencanaan yang meliputi (a) sumber daya manusia (SDM) Sekolah Dolan biasanya mendapat rekomendasi dari SDM yang sudah ada. Kalau tidak ada pihak sekolah membuka lowongan di internet (b) kurikulum kurikulum homeschooling di Sekolah Dolan mengacu pada kurikulum yang diberikan oleh dinas pendidikan dan dikembangkan oleh sekolah menjadi kurikulum inovatif yaitu kurikulum yang disusun sekolah bersama orangtua (c) peserta didik perencanaan peserta didik di Sekolah Dolan tidak menenetapkan jumlah peserta didik yang diterima dan tidak menyebarkan pendaftaran peserta didik baru karena sewaktu-waktu sekolah dapat menerima peserta didik baru (d) sarana dan prasarana perencanaan sarana dan prasarana di Sekolah Dolan bersifat flesksibel (e) hubungan masyarakat Sekolah Dolan tidak memiliki perencanaan khusus dalam mensosialisasikan kepada masyarakat (f) keuangan di Sekolah Dolan mempunyai rencana anggaran yang tertuang dalam pembukuan keuangan (2) pengorganisasian penyelenggaraan homeschooling di Sekolah Dolan Malang. Pengorganisasian yang meliputi (a) SDM Sekolah Dolan melaksanakan fungsi pengorganisasian dengan cukup baik (b) kurikulum pengorganisasian kurikulum di Sekolah Dolan yaitu kurikulum yang digunakan untuk peserta didik yang akan menempuh ujian kesetaraan dan yang tidak (c) peserta didik Sekolah Dolan telah melaksanakan pengorganisasian peserta didik meskipun tidak diprioritaskan (d) sarana dan prasarana Sekolah Dolan dalam mengorganisasikan sarana dan prasarananya kurang terlihat (e) hubungan masyarakat pengorganisasian di Sekolah Dolan dalam hal hubungan masyarakat tidak dilaksanakan (f) keuangan Sekolah Dolan telah melaksanakan pengorganisasian keuangan sekolah (3) pelaksanaan penyelenggaraan homeschooling meliputi (a) SDM SDM mengetahui tugas-tugas dan kewajibannya dengan jelas dan dapat melaksanakan dengan baik (b) kurikulum banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan potensi peserta didik (c) peserta didik pelaksanaan manajemen peserta didik di Sekolah Dolan sudah baik terlihat dari peserta didik yang senang dengan pembelajaran (d) sarana dan prasarana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di Sekolah Dolan sudah berjalan dengan baik walaupun ada hal-hal yang belum terlaksana seperti proses inventarisasi dan penghapusan (e) hubungan masyarakat manajemen hubungan masyarakat telah dilaksanakan Sekolah Dolan karena cukup banyaknya dukungan dan partisipasi masyarakat (f) keuangan realisasi keuangan di Sekolah Dolan sudah berjalan lancar (4) evaluasi penyelenggaraan homeschooling yang meliputi (a) SDM evaluasi di Sekolah Dolan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari segi SDM agar lebih baik lagi kedepannya (b) kurikulum evaluasi kurikulum yang di laksanakan dengan penilaian proses (c) peserta didik evaluasi dilakukan dengan bertukar pikiran agar menjadi lebih baik lagi (d) sarana dan prasarana Sekolah Dolan dalam mengadakan evaluasi dengan menekankan anak-anak agar menjaga lingkungan (e) hubungan masyarakat sekolah Dolan selalu menerima pendapat dari masyarakat (f) keuangan evaluasi keuangan yang dilakukan Sekolah Dolan adalah dengan rapat pengurus (5) hambatan dan solusi dalam penyelenggaraan Homeschooling secara keseluruhan mencakup dari SDM kurikulum peserta didik sarana prasarana hubungan masyarakat dan keuangan Sekolah Dolan dapat mengatasi dengan baik. Berdasarkan temuan lapangan di atas saran-saran yang diajukan peneliti yaitu (1) kepala homeschooling Sekolah Dolan Malang dalam penyelenggaraan pendidikan homeschooling sudah cukup baik. Hal tersebut terlihat pada proses manajemen yang telah dilakukan namun perlu ditingkatkan agar homeschooling Sekolah Dolan dapat berkembang dan lebih berkualitas (2) para tutor Homeschooling Sekolah Dolan Malang para tutor di homeschooling Sekolah Dolan sudah baik. Dengan demikian prestasi yang sudah dicapai hendaknya terus dipertahankan sebagai wujud konsistensi dalam mewujudkan anak bangsa yang cerdas sesuai dengan tujuan pendidikan (3) kepala dinas pendidikan Kota Malang penelitian ini dapat memberikan masukan dalam pengambilan kebijakan terhadap implementasi manajemen homeschooling bagi sekolah-sekolah alternatif atau informal khususnya Sekolah Dolan Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item