Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas 3 IPS MAN I Pamekasan oleh Wasisto Anugrahadi

Anugrahadi, Wasisto (2010) Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas 3 IPS MAN I Pamekasan oleh Wasisto Anugrahadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan pada bulan April 2010 dengan guru Matematika SMP Negeri 1 Malang kelas VII B diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi guru dan siswa masih pasif, hanya siswa yang pandai yang mendominasi kegiatan pembelajaran. Metode yang biasa diterapkan guru adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan diskusi. Saat diskusi kelompok, suasana kelas terlihat gaduh akibat banyak siswa yang berbicara tentang hal-hal di luar materi pelajaran. Hal tersebut menunjukkan motivasi belajar siswa masih kurang dan perlu ditingkatkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Malang, dengan subjek siswa kelas VII B yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan angket motivasi belajar dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi keliling dan luas segi empat dan segitiga di kelas VII B SMP Negeri 1 Malang. Pembelajaran tipe TGT terdiri dari lima tahap, yaitu (1) presentasi di kelas, (2) tim, (3) games, (4) turnamen, dan (5) rekognisi tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran TGT meningkat dari siklus I ke siklus II baik dilihat dari angket maupun lembar observasi motivasi. Berdasarkan angket motivasi sebelum tindakan, persentase skor klasikal adalah 73,61% dengan kategori cukup. Pada siklus I persentase skor klasikal meningkat menjadi 76,34% dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,13% dengan kategori baik. Berdasarkan lembar observasi motivasi belajar matematika, pada siklus I persentase keberhasilan motivasi adalah 76% dengan kategori baik. Pada siklus II persentase keberhasilan meningkat menjadi 87,10% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pokok bahasan atau mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36228

Actions (login required)

View Item View Item