Hubungan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi di kelas I SMU Negeri 1 Rejotangan oleh Lailiya Husna Yusfita - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi di kelas I SMU Negeri 1 Rejotangan oleh Lailiya Husna Yusfita

Yusfita, Lailiya Husna (2010) Hubungan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi di kelas I SMU Negeri 1 Rejotangan oleh Lailiya Husna Yusfita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan belarjar seorang siswa dalam menguasai ratu mata pelqiarand ipengaruhoi tetrb uryak faktor baik itu frktor yang berasadt ari datam diri sisway amg disebutd enganf aktor intemalm auprmf aktor ydg berasadl tri luard iri siswayangd isebutd enganfa ktor k ernal. Penelitian ini bertujuan rmtuk mengetahui 1) kondis faktor internal yang mendukungp restasit relEar 2) kondisi faktor eksternayl ang me ndukung prestasi belajr dar 3) hubungan antile kedua faktor tersebut dengan pr stasi belajars iswap adam atap elajuanA kunAnsi.H asilp enelitianin i diharapkand apat dimanfaatkan sebagni I) bahan pertimbangan m netapkan strategi belaju mengajary ang tepat 2) upaya pemngkatanh nlitas pernbelajaran3 ) batran patimbmgan mengelola bidarg studi Akutansi dm 4) pertimbmgar dalam pengaratnns iswad alamm emilihj unrsany angs esuadi engank e.mrmpurn. Falcor internal yary diteliti adalah tingkat rnteligensi batet minat motivasi kesiapan dan perhatian s dangkan faktor eksemal meliputi latar belakmg kehidupm kelurga dan kondisi fasilias belajar serta faktor guru di sekolah.P enelitiani ni dilakukand i SMU Negeri I RejotanganP. engambilan sampedl ogan telcnikp urposivep roporsionarl andoms anptingd imanam astngmasingk elasd iarnbils ebesa2r5 o/o. Metode penelitian bersifd deslniptif korelasional dengan tekrik pengumpuland ma angka dan dokumentasi.D da yang terhimpun dianalisis dengana nlisis disribusi frekuensid an analisisk orelasip roductm omentm etalui progrumS PSSio r Windowsv ersii 0. Hasil penelitian menunjukkan batrwa l) kondisi faktor internal untuk sub variabelm inat bsradap ada tingkat tinggi untuk motivasi sebesa3r 37olo beradap adak ondisic ukupt inggi dan sebesa9r 6 630/k0r ada padat tngkatt lnggt untuk perhatians ebesar2 3 33o/ob eradap ada kondisi orkup baik dN 76 670/0 beradap adak ondisi baik rmtuk kesiapans ebesar1 8 33o/boe aradap adak ondisi orkup baik dut 81 670/boe radap adak ondisi baik unh bakal sebesarll 670/o memmjukkanb akaty ang cukup baik dan 88 33%m enunjukkanb akaty ang baik dalam belajar akrmtansi 2) kondisi faktor ekstemal untuk sub variabel larar belakangke luargas ebesa2r3 33%m enunjukkakno ndisiy angc ukupb aik 55o/o dalamk ondisiy angb aik dan2 l 7% beradap adak ondisiy angs angabt aik u ntuk kondisi fasilitm belqiard i sekolahs ebesa8r 33%b eradap adak ondisic ukupbaik 58 330/ b erada padak ondisi baik dan 33 34%b eradap adak ondisiy angs angat baik u ntuk hubungana taur elasig uru dengans iswas ebesa3r1 6 %m enunjukkan kondisi yang cukup baik dar 68 330/ob eradap adak ondisi yarg baik. 3) artara l l l frktor internal mauprmf aklor eksternalm ernprmyahi ubungany ang signifikan darganp restasbi elajars iswad engann ilai koefisienk orelasis besa0r y 85 untuk faktor intsmal dan 0.269 untt faktor ekstemal. Saran yang diajukar dalrn hal ini adalah t) pihak sekolah sebaiknya memperbanyajmk lah buku pelajaranA kuntansi 2 ) grru hrus merumusksr terlcbihd ahutut ujuar pengajarand an mampum engunbangkadna n menerrykan kurikulum ymg berbasis kompetensi aga siswa benar-benr bisa menerapkan ilrnu yang diperolehnyq 3) siswa harus lebih manpa siapkan diri dalun menerimma atap elajaany anga kand isampa .ano leh guru agarh asilnyao piuul 4) orangn ra hendalnyas elalum emberikand orongand an rmangat kepadap uraputrinyaa garl ebih giat dalan belajr. iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36226

Actions (login required)

View Item View Item