Pengaruh pemanfaatan media pembalajaran dalam mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Widya Karana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media pembalajaran dalam mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Widya Karana

Karana, Widya (2010) Pengaruh pemanfaatan media pembalajaran dalam mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Widya Karana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karana Widya. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng M.A. M.M. Ak. (2) Triadi Agung Sudarto S.E. Ak. M.Si. Kata Kunci Pemanfaatan Media Pembelajaran Prestasi Belajar Siswa Prestasi belajar siswa merupakan hasil belajar yang dicapai seseorang dalam kegiatan belajar dalam kurun waktu tertentu yang dinyatakan dalam bentuk angka atau nilai. Dalam proses belajar mengajar prestasi belajar siswa merupakan tujuan utama yang diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Pemanfaatan media pembelajaran adalah segala media yang mendukung dalam pelaksanaan proses belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran akuntansi baik dilihat dari kualitas dan kuantitasnya tetapi juga dari persepsi siswa akan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi (Explanatory Research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi data adalah kelas X (Akuntansi Administrasi Perkantoran Penjualan) SMK Muhammadiyah 2 Malang yang diwakili sampel 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan Maret sampai April 2010. Hasil analisis data di peroleh bahwa pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran akuntansi mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Implikasi dari hasil analisis di atas selaras dengan Latuheru bahwa manfaat media pembelajaran adalah untuk memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar sesuai dengan hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang tergolong dalam kriteria tinggi sedangkan pemanfaatan media pembelajaran berada dalam kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar media pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang hendaknya perlu ditingkatkan guna lebih meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36215

Actions (login required)

View Item View Item