Salsabila, Alifah (2024) Visualisasi proses vulkanisme melalui media pembelajaran animasi berbasis augmented reality sebagai media digital geografi / Alifah Salsabila</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi telah mengalami kemajuan pesat yang berdampak pada bidang pendidikan. Teknologi juga sebagai sarana media digital dalam penyampaian materi terhadap siswa. Penelitian ini mengembangkan sebuah Augmented Reality (AR) berupa aplikasi VULK-AR sebagai media digital geografi aplikasi VULK-AR merupakan inovasi baru dalam proses vulkanisme dan 3 tipe gunung api dengan mengkombinasikan berbagai komponen di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi potensi media pembelajaran animasi berbasis Augmented Reality serta memvisualisasikan proses vulkanisme. Pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model SAM 1. Melalui integrasi AR dengan konten geografi siswa dapat memahami fenomena alam secara langsung serta memungkinkan pengalaman belajar yang aktif. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa ahli media memberikan persentase kelayakan sebesar 92 84% dan ahli materi sebesar 89 55%. Uji coba produk dilakukan kepada guru diperoleh persentase sebesar 84 61% dan siswa sebesar 89 75%. Keunggulan aplikasi VULK-AR dalam media digital geografi dapat menumbuhkan inovasi dalam bidang teknologi pada pembelajaran geografi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan media digital geografi pada materi vulkanisme.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/361870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |