Manajemen pembelajaran berbasis alam dalam membentuk karakter peserta didik (studi kasus di SD Alam A-Ghifari Blitar) / Ike Wahyu Desilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran berbasis alam dalam membentuk karakter peserta didik (studi kasus di SD Alam A-Ghifari Blitar) / Ike Wahyu Desilia

Desilia, Ike Wahyu (2014) Manajemen pembelajaran berbasis alam dalam membentuk karakter peserta didik (studi kasus di SD Alam A-Ghifari Blitar) / Ike Wahyu Desilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desilia Ike Wahyu. 2014. Manajemen Pembelajaran Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SD Alam Al-Ghifari Blitar). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata kunci manajemen pembelajaran pembelajaran berbasis alam karakter peserta didik. Sekolah memegang peranan penting dalam mengembangkan kemampuan kognitif afektif dan psikomotorik para peserta didik. Sekolah yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang berkualitas pula. Maka untuk menunjukan proses pembelajaran yang berkualitas sekolah harus menciptakan suasana yang dapat membuat setiap peserta didik berperan aktif merasa diterima nyaman dan bebas mengekspresikan dirinya. Peserta didik bisa belajar dalam arti yang sesungguhnya menjadi manusia yang kaya ilmu dalam suasana yang ceria dan penuh dengan makna di dalamnya. Salah satu solusinya adalah dengan didirikannya sekolah alam. Mengingat pentingnya pendidikan yang selalu mengedepankan pendidikan karakter di setiap pembelajaran maka perlu didesain manajemen pembelajaran yang mampu mengefektifkan pencapaian tujuan pembentukan karakter pada diri peserta didik. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tentang Manajemen Pembelajaran Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik . Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) manajemen pembelajaran berbasis alam di SD Alam Al-Ghifari Blitar dan (2) nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran di SD Alam Al-Ghifari Blitar Penelitian ini dilakukan di SD Alam Al-Ghifari Blitar dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) display/penyajian data dan (4) verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan (1) triangulasi (2) kecukupan referensial (3) pengecekan keanggotaan dan (4) perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) manajemen pembelajaran berbasis alam di SD Alam Al-Ghifari Blitar dilakukan dengan kegiatan awal yaitu menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memadukan tiga kurikulum yaitu kurikulum dari Dinas Pendidikan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan kurikulum khas sekolah alam yang dinamakan integrated learning (pembelajaran terpadu) selain itu SD Alam Al-Ghifari juga menggunakan rencana jangka pendek (recent plan) yang berguna untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pada tahap pengorganisasian dibentuk forum team teaching untuk masing-masing level kelas yang berbeda. Pelaksanaan pembelajaran di SD Alam Al-Ghifari dilaksanakan di dalam dan di luar kelas dan disesuaikan dengan kondisi peserta didiknya. SD Alam Al-Ghifari menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu (integrated learning). Pengimplementasian pembelajaran berbasis alam untuk membentuk karakter peserta didik di SD Alam Al-Ghifari Blitar menerapkan prinsip Cinta Allah Cinta Alam dan Cinta Islam . Memalui pembelajaran alam diharapkan peserta didik mampu menyelaraskan rasa kasih sayangnya dengan Allah Agama Islam dan alam sekitarnya. Pembelajaran dilakukan diluar ruangan dengan melaksanakan program unggulan dari sekolah diantaranya live in dan outbond. Tahap evaluasi di sekolah ini dilaksanakan pada setiap selesai pokok pembahasan tertentu melalui ulangan harian dan selebihnya dilaksanakan melalui Ujian Akhir Semester (UAS) dan (2) nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran di SD Alam Al-Ghifari Blitar dilakukan setiap waktu baik dalam pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas dengan menerapkan karakter mandiri jujur kesadaran terhadap lingkungan religius tanggungjawab kerja sama dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian di atas ada beberapa saran yang diberikan oleh peneliti yaitu (1) Kepala SD Alam Al-Ghifari Blitar pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis alam secara umum sudah berjalan dengan baik. Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan bantuan berupa supervisi secara berkala terhadap kegiatan manajemen pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh guru sehingga kegiatan manajemen pembelajaran berbasis alam dalam pembelajaran khususnya dapat terus ditingkatkan demi kemajuan SD Alam Al-Ghifari Blitar di masa mendatang (2) Guru SD Alam Al-Ghifari Blitar diharapkan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013 yang sudah mulai berlaku saat ini sehingga dapat mempermudah dalam mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu guru juga diharapkan untuk terus meningkatkan kemampuan mengelola pembelajaran serta meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis alam di SD Alam Al-Ghifari Blitar (3) Para Dosen dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat menambah kajian tentang kegiatan manajemen pembelajaran berbasis alam khususnya ditingkat sekolah dasar dan (4) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar dapat meningkatkan supervisi terhadap pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis alam (5) Bidang keilmuan agar dapat memperbaiki sistem pendidikan berbasis alam supaya bisa diberjalan dan berkembang sebagaimana mestinya dan (6) Peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya terkait dengan manajemen pembelajaran berbasis alam di sekolah dalam konteks lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item