Pengukuran kinerja sekolah dengan pendekatan balanced scorecard (Studi kasus di sekolah menengah pertama negeri 1 Watulimo Trenggalek) / Nila Yudhya Sukmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengukuran kinerja sekolah dengan pendekatan balanced scorecard (Studi kasus di sekolah menengah pertama negeri 1 Watulimo Trenggalek) / Nila Yudhya Sukmawati

Sukmawati, Nila Yudhya (2010) Pengukuran kinerja sekolah dengan pendekatan balanced scorecard (Studi kasus di sekolah menengah pertama negeri 1 Watulimo Trenggalek) / Nila Yudhya Sukmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukmawati Nila Yudhya. 2009. Pengukuran Kinerja Sekolah Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus di SMP Negeri 1Watulimo Kabupaten Trenggalek). Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Ak. Dosen Pembimbing (II) Dra. Hj. Endang Sri A S.E. M.Si. Ak Kata kunci balanced scorecard sekolah menengah pertama. Salah satu masalah yang dihadapi pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu sekolah sebagai akibat kurang adanya pengevaluasian dan pengawasan yang terarah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan kinerja. Balanced Scorecard merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan kinerja organisasi secara keseluruhan yang menggabungkan kinerja keuangan dan non keuangan dalam empat perspektif sehingga pendekatan Balanced Scorecard dapat menjadi alternatif pengukuran yang tepat bagi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kinerja SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek dengan menggunakan empat perspektif Balanced Scorecard. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah guru karyawan siswa serta orangua siswa SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan melalui wawancara dokumentasi serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian penerapan Balanced Scorecard ditinjau dari (1) Perspektif keuangan diindikatorkan dengan penerimaan dan alokasi penggunaan dana dinilai baik (2) Perspektif Pelanggan diindikatorkan dengan kuantitas output sekolah serta tingkat kepuasan siswa dan orang tua atas layanan yang diberikan sekolah dinilai baik (3) Perspektif proses internal bisnis diindikatorkan dengan fasilitas penunjang pembelajaran inovasi sekolah serta tingkat kepuasan guru dan karyawan dinilai baik (4) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan diindikatorkan dengan tingkat pendidikan guru serta usaha-usaha yang dilakukan sekolah untuk menunjang profesionalisme guru dan karyawan dengan kriteria baik. Dengan adanya penelitian ini diharapkan (1) Pihak sekolah hendaknya berupaya untuk lebih meningkatkan kinerja sekolah yang masih berada pada ketercapaian cukup menjadi tingkat ketercapaian baik antara lain pada salah satu aspek kinerja keuangan (2) sekolah hendaknya lebih menggalakkan penggunaan metode pembelajaran berbasis ICT CTL dan PAKEM agar tercapai target Standar Pembelajaran (3) bagi tenaga pengajar hendaknya lebih membuka diri terhadap penggunaan media pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif sehubungan dengan peningkatan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36171

Actions (login required)

View Item View Item