Rozier, Moh. Fatur (2014) Manajemen pemasaran di lembaga pendidikan bahasa Inggris (studi kasus di English First Malang) / Moh. Fatur Rozier. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rozier M. F. 2014. Manajemen Pemasaran di Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris(Studi Kasus di English First Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj.Maisyaroh M.Pd (II) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd M.Si. Kata kunci manajemen pemasaran manajemen pemasaran sekolah. Usaha mengomunikasikan dan mempromosikan tujuan nilai dan produk lembaga pendidikan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen biasa disebut sebagai pemasaran konsumen dalam hal ini adalah peserta didik serta stakeholder pendidikan melalui pemberian layanan yang maksimal. Mengingat banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan serta persaingan yang semakin ketat antar lembaga untuk menarik minat peserta didik menjadikan lembaga pendidikan harus mempertimbangkan tentang keefektifan pemasarannya. Manajemen pemasaran pendidikan merupakan suatu kegiatan menganalisis merencanakan mengimpelentasi dan mengawasi segala program untuk mencapai efisiensi dan keefektivan dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan. Dengan mempertimbangkan banyaknya persaingan lembaga pendidikan dalam menjaring peserta didik maka peneliti tertarik meneliti di English First Malang yang tergolong lembaga pendidikan yang telah cukup lama berdiri sejak tahun 1999 hingga kini tetap menjadi pilihan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) perencanaan pemasaran (2) pelaksanaan pemasaran (3) mendeskripsikan pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen pemasaran (4) evaluasi pemasaran di English First Malang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti berperan sebagai instrument kunci dengan subjek penelitian adalah Ibu Renny selaku Manager English First Malang dan Ibu Nia selaku Marketing coordinatorEnglish First Malang Ibu Putri dan Ibu Ovie selaku Course Consultant serta tiga orang Student Parents yakni Bapak Iwan Mr. Alvine dan juga Ibu Saza. Sumber data yang digunakkan adalah informasi yang disampaikan subjek penelitian dan dokumen yang berkaitan dengan manajemen pemasaran. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fikus penelitian menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Tahap analisis meliputi (1) reduksi data (2) pengkodean (3) penyajian data dan (4) verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kesimpulan penelitian ini yaitu Tujuan pemasaran adalah untuk mengenalkan lembaga dan meningkatkan jumlah siswa perencanaan pemasaran dilakukan pada akhir tahun sebelumnya perencanaan dilakukan serempak di Surabaya dan diikuti oleh seluruh Center di Jawa dan Bali segmentasi pasarnya adalah seluruh usia terutama anak-anak usia belajar kegiatan terbesar dalam memasarkan lembaga adalah Expo Expo dilaksanakan dua kali pada tengah semester pertama dan tengah semester kedua dana untuk pemasaran sepenuhnya berasal dari perusahaan pembentukan panitia dilaksanakan dalam meeting dan ditentukan oleh manager (2) Pelaksanaan pemasaran publikasi melalui media internet seperti website facebook twitter dan email terkait informasi promo dan pendaftaran pemasaran melalui Radio Kosmonita dan Koran Malang Pos berupa informasi promo dan event program recommended friend merupakan program merekomendasikan teman dan dengan kuota tertentu akan mendapatkan reward Expo dilaksanakan dua kali di Pusat perbelanjaan dalam hal ini adalah Malang Town Square Open house dilaksanakan satu kali berlokasi di Center EF Malang Try out dilaksanakan satu kali dalam setahun dan dikompetisikan dengan skala nasional lomba spelling untuk anak usia sekolah dasar Flyer dan baliho selalu disebar dan dipasang menjelang event besar menggunakan telemarketing untuk mengoptimalkan penyebaran informasi kepada sasaran pemasaran memanfaatkan peran native speaker untuk menunjang kegiatan pemasaran dan branding lembaga (3) pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen pemasaran di English First Center Malang berjumlah 10 orang dan semuanya terlibat dalam kegiatan pemasaran peran secara langsung berdasarkan job deskripsi yang sudah ditentukan Native speaker tidak berperan langsung dalam pemasaran hanya menunjang susunan panitia selalu berubah setiap tahun guna pemerataan pengalaman kerja bentuk dukungan siswa dalam bentuk program recommended friend bentuk dukungan dari sponsor Indosat berupa Bom SMS radio Kosmonita dan Koran Malang Pos berperan dalam menginformasikan promo dan keselurhan program dalam suatu event (4) Evaluasi dan monitoring dilakukan oleh Manager dan PIC kegiatan pelaksanaan monitoring dilakukan setiap saat pelaksanaan evaluasi harian dilaksanakan seusai kegiatan dan dilaksanakan setiap hari pelaksanaan evaluasi secara menyeluruh dilaksanakan satu minggu setelah kegiatan tolak ukur keberhasilan pemasaran berdasarkan ketercapaian jumlah target selalu ada reward bagi kru yang mencapai hasil target. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan mengacu kepada hasilnya saran-saran yang diajukan peneliti meliputi (1) Manager English First Malang sebagai bahan informasi untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan manajemen pemasaran lembaga sebagai upaya mempertahamkam eksistensi di masyarakat serta memperbaiki kekurangan dan mengoptimalkan faktor pendukung manajemen pemasaran misalnya memperluas segmentasi (bukan hanya kalangan menengah keatas tetapi juga untuk seluruh lapisan masyarakat) (2) ketua Dosen dan Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai bahan referensi untuk kajian akademik tentang manajemen pemasaran lembaga (3) orang tua Calon Peserta Didik English First Malang sebagai bahan pertimbangan dalam memilih lembaga berkualitas baik dari aspek pendidikan maupun sosial yang sesuai dengan bakat dan minat anak serta sebagai sumber informasi tentang pentingnya orangtua dalam kelancaran penyelenggaraan pendidikan (4) peniliti Lain agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam atau melakukan penelitian pada tempat yang sama dengan konteks yang berbeda misalnya manajemen peserta didik di English First Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3617 |
Actions (login required)
View Item |