Implementasi pembelajaran lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang berdasarkan kurikulum 2013 / Yusi Irnaning Hastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang berdasarkan kurikulum 2013 / Yusi Irnaning Hastuti

Hastuti, Yusi Irnaning (2014) Implementasi pembelajaran lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang berdasarkan kurikulum 2013 / Yusi Irnaning Hastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hastuti Yusi Irnaning. 2014. Implementasi Pembelajaran Lintas Minat di SMA Negeri 1 Lawang Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci implementasi pembelajaran lintas minat kurikulum 2013 Peningkatan kemampuan peserta didik dipengaruhi oleh kualitas pendidik. Peran pendidik sangat penting bagi setiap kegiatan pembelajaran. Faktor keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satu pembelajaran yang dilaksanakan yaitu Pembelajaran Lintas Minat. Lintas Minat merupakan salah satu Program Kurikulum 2013 yang dilaksanakan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembelajaran Lintas Minat peserta didik diberikan kesempatan untuk mempelajari mata pelajaran di luar mata pelajaran peminatan. Pembelajaran ini dapat menambah pengetahuan pengalaman dan informasi peserta didik di bidang lain. Peserta didik menjadi lebih banyak memiliki wawasan dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan dan menemukan jenis - jenis peminatan yang dipilih dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Lawang (2) mendeskripsikan dan menemukan manajemen kelas yang digunakan dalam pembelajaran lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang (3) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang (4) mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang dan (5) mendeskripsikan masalah dan alternatif pemecahan dalam pembelajaran lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan temuan yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Temuan penelitian ini (1) Peminatan di SMAN 1 Lawang ada tiga yaitu Matematika dan Ilmu Alam (MIA) Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dan Bahasa dan Budaya (BABU). Setiap peminatan tersebut memiliki matapelajaran wajib yang harus diikuti. MIA wajib mempelajari Matematika Fisika Kimia dan Biologi. IIS wajib mempelajari Ekonomi Geografi Sosiologi dan Sejarah. Sedangakan Babu wajib mempelajari Bahasa indonesia Bahasa sastra Bahasa inggris dan Bahasa jerman (2) Pengelolaan kelas lintas minat menggunakan moving class. Pendidik telah melaksanakan pendekatan yang baik mereka menggunakan pendekatan personal yang lebih banyak mempengaruhi peserta didik untuk lebih baik atau lebih termotivasi dalam belajar. Teknik yang digunakan cukup menarik dan berbeda seperti menggunakan laptop yang menggunakan pensil dalam menulis hal ini cukup menarik perhatian peserta didik peserta didik menjadi bersemangat belajar (3) Langkah-langkah dalam pembelajaran lintas minat berawal dari perencanaan pelaksanaan strategi proses seleksi serta siapa yang bertanggung jawab (4) Evaluasi yang dilakukan oleh SMAN 1 Lawang yaitu dengan penilaian kognitif afektif dan psikomotor serta monitoring (5) Kendala berasal dari perencanaan yaitu saat membuat jadwal pelaksanaan saat pembelajaran berlangsung peserta didik yang memiliki semangat rendah dalam belajar banyak terlambat masuk kelas serta pada saat evalusi yakni pembagian soal yang dalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item