Strategi manajemen pembelajaran dalam mempertahankan keunggulan lokal (studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung) / Maya Nickyta - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi manajemen pembelajaran dalam mempertahankan keunggulan lokal (studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung) / Maya Nickyta

Nickyta, Maya (2014) Strategi manajemen pembelajaran dalam mempertahankan keunggulan lokal (studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung) / Maya Nickyta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nickyta Maya. 2013. Strategi Manajemen Pembelajaran dalam Mempertahankan Keunggulan Lokal (Studi Kasus di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Supriyanto M.Pd M.Si (II) Drs. H. Agus Timan M.Pd Kata Kunci strategi manajemen pembelajaran pendidikan berbasis keunggulan lokal batik 12288 12288 12288 12288 Penguatan pendidikan berbasis keunggulan lokal dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis kebudayaan. Diakui atau tidak saat ini terjadi krisis yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan generasi penerus. Krisis tersebut antara lain berupa kurangnya kesadaran terhadap budaya keunggulan lokal tidak menghargai kebudayaan daerahnya dan lebih mengenal keunggulan lokal daerah lain dibanding potensi daerahnya sendiri. Bisa jadi salah satu penyebabnya karena pendidikan di Indonesia lebih menitik beratkan pada pengembangan intelektual kognitif semata sedangkan aspek keterampilan dan keahlian sebagai unsur utama pendidikan berbasis keunggulan lokal belum diperhatikan secara optimal bahkan jika boleh dikatakan cenderung diabaikan karena masih jarang sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis keunggulan lokal. Saat ini ada kecenderungan bahwa target-target akademik masih menjadi tujuan utama dari hasil pendidikan seperti halnya Ujian Nasional (UN) sehingga proses pendidikan berbasis keunggulan lokal masih sulit dilakukan. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian ini yaitu bagaimana strategi manajemen pembelajaran manajemen pembelajaran dalam pendidikan berbasis keunggulan lokal penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal faktor pendukung penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal hambatan-hambatan yang dialami sekolah serta upaya mengatasi masalah dalam penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan ini dipilih agar dapat diperoleh data secara alami dan komprehensif mengenai masalah yang diteliti. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci yang merencanakan melaksanakan mengumpulkan data menganalisis menafsirkan data dan melaporkan hasil penelitian. Data yang diperoleh melalui (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap yaitu saat pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Analisis tersebut melalui langkah-langkah yaitu reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu mengadakan pengamatan lebih tekun dan menguji triangulasi serta pengecekan anggota. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini yaitu penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal di SMAN 1 Kedungwaru yang diintegrasikan ke dalam beberapa mata pelajaran di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Tujuan pendidikan ini yaitu untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk dapat mempertahankan keunggulan lokal daerahnya serta memberikan keahlian dan keterampilan dalam kegiatan membatik. Terbentuknya pendidikan berbasis keunggulan lokal ini karena SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung merupakan satu-satunya sekolah model. Sekolah dapat dikategorikan sebagai sekolah model jika melaksanakan sebagai sekolah kategori mandiri pusat sumber belajar dan pendidikan berbasis keunggulan lokal. Penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal di sekolah model ini terdapat berbagai faktor pendukung dan penghambat. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Kepala SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung diharapkan membuat manajemen yang baik dalam setiap melaksanakan program kerja karena manajemen yang kurang matang membuat pelaksanaan program kerja tersebut berjalan kurang maksimal (2) Guru SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung tidak hanya dapat memberi manfaat bagi peserta didik guru dan tenaga pendidik yang lain juga mau belajar membuat batik untuk melestarikan keunggulan lokal (3) Ketua dan Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM memanfaatkan kajian tentang manajemen pembelajaran pendidikan berbasis keunggulan lokal karena pendidikan berbasis keunggulan lokal ini ini sangat mempengaruhi peserta didik dalam wujud kepeduliannya terhadap kebudayaannya (4) Peneliti Lain disarankan agar melakukan tindak lanjut dari peneliti ini berupa melakukan penelitian tindakan dengan mencari model penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal yang efektif. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item View Item