Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunan terpublikasi pada perusahaan pemenang CSR Award 2005 / Sony Bagus Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunan terpublikasi pada perusahaan pemenang CSR Award 2005 / Sony Bagus Prasetyo

Prasetyo, Sony Bagus (2010) Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunan terpublikasi pada perusahaan pemenang CSR Award 2005 / Sony Bagus Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Sony Bagus. 2009. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Laporan Tahunan Terpublikasi pada Perusahaan Pemenang CSR Award 2005. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Pujiningsih SE M.Si Ak (II) Yuli Widi Astuti S.E M.Si Ak. Kata Kunci Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan-perusahaan besar di era modern ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap denyut kehidupan masyarakat. Perusahaan (korporasi) sebagai salah satu pelaku ekonomi memegang peran kunci dalam upaya pensejahteraan dan peningkatan pendapatan negara. Perusahaan diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru yang akan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik bagi masyarakat. Corporate Social Responsibility menunjuk pada transparansi pengungkapan sosial perusahaan atas kegiatan atau aktivitas sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Dimana transparansi informasi yang diungkapkan tidak hanya informasi keuangan perusahaan tetapi perusahaan juga diharapkan mengungkapkan informasi mengenai dampak (externalities) sosial dan lingkungan hidup yang diakibatkan aktivitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Sustainability Reporting (SRI) perusahaan peraih CSR Award sebagai alternatif pelaporan CSR. Sustainability Reporting adalah laporan yang mengungkapkan tentang pengaruh kinerja atau kegiatan perusahaan terhadap ekonomi sosial dan lingkungan. Sustainability Reporting juga bisa menjadi a high-level strategic document (dokumen strategis tingkat tinggi) yang mendefinisikan visi organisasi nilai inti dan tujuan dari perusahaan tersebut. Jenis panelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah perusahaan yang meraih CSR Award 2005. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dengan cara memberikan skor yang yang kemudian dilakukan penilaian pengungkapan sosial berdasarkan daftar indikator kerja. Berdasarkan hasil analisis kesimpulan yang dapat diambil yaitu bahwa pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan pemenang CSR Award yang terpublikasi secara umum dapat dikatakan masih rendah yaitu dibawah 50%. Hal ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran mereka terhadap lingkungan di sekitar perusahaan tempat mereka beroperasi. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai produk pengungkapan sosial. Hendaknya dilakukan beberapa tahun sebelum dan sesudah peraihan Award untuk mengetahui pengungkapan tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36140

Actions (login required)

View Item View Item