Ruviana, Titin (2014) Perubahan organisasional di sekalah dasar (studi kasus di SDN Ngrendeng 1 Tulungagung) / Titin Ruviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ruviana Titin. 2014. Perubahan Organisasional di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Ngrendeng I Tulungagung). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M. Pd (II) Dr. H. Sultoni M. Pd. Kata Kunci perubahan organisasi kepala sekolah sekolah dasar Sekarang ini banyak fenomena kepala sekolah yang tidak mengetahui tugas dan fungsinya sebagai pemimpin sekaligus agen pembawa perubahan pendidikan di sekolah. Mereka hanya menjadi seorang pemimpin sekedarnya saja baginya status kepala sekolah hanyalah sebuah formalitas. Mereka juga tidak berusaha membuat perubahan-perubahan dalam sekolahnya. Hal ini disebabkan karena imbas dari praktik politik daerah. Tetapi tidak semua kepala sekolah seperti yang dijelaskan tersebut ada juga kepala sekolah yang berkualitas sehingga dia dapat membawa perubahan besar pada sekolah yang dipimpinnya. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui perubahan organisasional yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sekolahnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menemukan beberapa hal antara lain profil SDN Ngrendeng I Tulungagung perubahan tujuan yang dilakukan kepala sekolah di SDN Ngrendeng I Tulungagung perubahan strategi yang dilakukan kepala sekolah di SDN Ngrendeng I Tulungagung perubahan kebiasaan yang dilakukan kepala sekolah di SDN Ngrendeng I Tulungagung perubahan teknologi yang dilakukan kepala sekolah di SDN Ngrendeng I Tulungagung perubahan struktur yang dilakukan kepala sekolah di SDN Ngrendeng I Tulungagung perubahan perilaku yang dilakukan kepala sekolah di SDN Ngrendeng I Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi dalam penelitian ini adalah SDN Ngrendeng I yang berlokasi di Jalan Raya Ngrendeng No. 01 Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dengan reduksi data display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara triangulasi perpanjangan keikutsertaan pengecekan keanggotaan dan kecukupan referensi. Hasil temuan penelitian ini antara lain pertama SDN Ngrendeng I Tulungagung memiliki lima tujuan sekolah yang hendak dicapai yaitu (a) dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pengembangan diri (b) meraih prestasi akademik dan non akademik (c) dapat mencerdaskan peserta didik dan guru sehingga menjadi sekolah yang unggul dan diminati masyarakat (d) menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi (e) menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar. Usaha untuk mencapai tujuan tersebut yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran. Kedua strategi yang dilakukan kepala sekolah SDN Ngrendeng I Tulungagung ada dua yaitu pemberdayaan SDM sekolah dan pemberdayaan dan pembinaan sistem kerja ketenagaan di sekolah. Target yang ingin dicapai dalam penerapan perubahan ini yaitu menjadikan sekolah ini kompetitif dan unggul dalam segala bidang sesuai dengan visi dan misi sekolah. Ketiga kepala sekolah SDN Ngrendeng I Tulungagung mempunyai kebiasaan yang ditanamkan dalam dirinya sendiri yaitu memperlakukan sama terhadap guru dan pegawai. Maksudnya yaitu menghormati semua guru dan pegawai tanpa memandang statusnya. Serta menjalin komunikasi yang baik dengan guru dan pegawai. Perubahan yang nampak dari penerapan kebiasaan ini adalah meningkatnya rasa ingin tahu untuk tercapainya keberhasilan belajar secara konsisten sesuai dengan tujuan pendidikan terjalinnya komunikasi yang baik dengan berbagai pihak. Keempat penggunaan teknologi di SDN Ngrendeng I Tulungagung sudah cukup maksimal. Teknologi digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran maupun administrasi yang ada di kantor sekolah. Perubahan yang dilakukan dalam bidang teknologi ini adalah mewajibkan semua guru dan pegawai di SDN Ngrendeng I Tulungagung untuk bisa menggunakan teknologi. Kelima SDN Ngrendeng I Tulungagung memiliki dua struktur organisasi yaitu struktur organisasi personalia dan struktur organisasi sekolah. Perubahan struktur yang dilakukan kepala sekolah adalah melakukan re-organisasi terhadap struktur organisasi yang ada di sekolah tersebut. Keenam perubahan perilaku yang diterapkan di SDN Ngrendeng I Tulungagung adalah perilaku disiplin. Disiplin ini tidak hanya mengenai disiplin waktu melainkan disiplin dalam segala hal. Perubahan yang nampak dari penerapan perubahan perilaku adalah tingkat kedisiplinan guru dan pegawai di SDN Ngrendeng I Tulungagung lebih meningkat dari sebelumnya. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut peneliti memberikan saran sebagai berikut. Bagi kepala SDN Ngrendeng I Tulungagung untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan perubahan organisasional ini sehingga dapat meningkatkan kualitas sekolah dan dapat mencapai tujuan yang hendak dicapai. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tulungagung untuk melakukan evaluasi kinerja kepala sekolah sehingga ke depannya kepala dinas dapat memfasilitasi kepala sekolah untuk lebih meningkatkan keprofesionalannya. Pengawas Sekolah untuk melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja kepala sekolah. Dosen dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan sebagai penambah kualitas dan kuantitas referensi bidang Administrasi Pendidikan secara khusus tentang manajemen perubahan. Peneliti Lain hasil penelitian ini diharapkan sebagai sumber referensi dan inspirasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan terutama dalam hal penelitian sejenis yaitu manajemen perubahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3614 |
Actions (login required)
View Item |