Identifikasi transformasi nilai-nilai dan budaya akademik mahasiswa baru melalui Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi di FIP Universitas Negeri Malang / Rhendy Ilmi Sulthoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi transformasi nilai-nilai dan budaya akademik mahasiswa baru melalui Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi di FIP Universitas Negeri Malang / Rhendy Ilmi Sulthoni

Sulthoni, Rhendy Ilmi (2014) Identifikasi transformasi nilai-nilai dan budaya akademik mahasiswa baru melalui Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi di FIP Universitas Negeri Malang / Rhendy Ilmi Sulthoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulthoni Rhendy Ilmi. 2014. Identifikasi Transformasi Nilai-Nilai dan Budaya Akademik Mahasiswa Baru melalui Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi Di FIP Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mustiningsih M.Pd (II) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. Kata kunci nilai-nilai budaya akademik internalisasi PKPT 12288 12288 12288 12288 Orientasi mahasiswa baru merupakan suatu kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang ada dijenjang Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diadakan bertujuan agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Mahasiswa baru harus mengetahui semua aspek yang ada di lingkungan barunya baik itu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik di sini berhubungan dengan gedung-gedung dan fasilitas-fasilitas yang ada di Perguruan Tinggi sebagai lingkungan baru mahasiswa. Sedangkan aspek sosial berhubungan dengan kondisi pendidik karyawan tata krama nilai-nilai dan budaya akademik yang ada di Perguruan Tinggi. Nilai-nilai disini berisi tentang norma-norma etis yang ada di Perguruan Tinggi contohnya etika dalam bergaul berkomunikasi berbusana dan lain-lain. Penjelasan di atas menerangkan bahwa orientasi mahasiswa baru memang penting dilakukan demi keberhasilan pendidikan mahasiswa itu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Fokus penelitiannya yaitu (1) nilai-nilai yang ditransformasikan kepada mahasiswa baru melalui PKPT di FIP UM (2) budaya akademik yang diberikan kepada mahasiswa baru melalui PKPT di FIP UM (3) strategi internalisasi nilai-nilai dan budaya akademik mahasiswa baru melalui PKPT di FIP UM. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis guna mengetahui makna dan kesimpulannya. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan meningkatkan ketekunan dengan cara merekam setiap wawancara dan diberi catatan waktu dan isi data selanjutnya triangulasi dilakukan guna memperoleh data yang valid di sini peneliti menggunakan triangulasi sumber selanjutnya peneliti juga menggunakan bahan referensi berupa foto-foto dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian.. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari analisis tersebut kemudian diperoleh temuan penelitian yang dijabarkan berikut ini (1) nilai-nilai yang ditransformasikan kepada mahasiswa baru melalui kegiatan PKPT di FIP UM meliputi nilai-nilai moral kejujuran agama kesopanan dan nilai-nilai kedisiplinan. Selain itu dalam kegiatan PKPT mahasiswa baru juga diajarkan tentang nilai-nilai saling menghormati antar mahasiswa dan dosen. Pola komunikasi antara mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan dosen juga menjadi materi yang wajib diberikan. Dalam kegiatan PKPT juga ada penanaman karakter terhadap mahasiswa (2) budaya akademik yang diberikan kepada mahasiswa baru melalui PKPT di FIP UM meliputi tradisi-tradisi yang mengacu pada norma-norma akademik yang menekankan pada aspek objektivitas dan pemikiran ilmiah. Dalam kegiatan ini menekankan pada cara mahasiswa agar berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik. Hal ini diwujudkan dengan pemberian tugas-tugas yang diberikan oleh panitia dimana tugas-tugas ini akan menumbuhkan sifat rajin dari mahasiswa baru. Materi-materi yang diberikan tentang budaya akademik berisi tentang menumbuhkan budaya membaca berdiskusi berdebat secara akademik serta cara belajar yang baik (3) strategi internalisasi nilai-nilai dan budaya akademik melalui PKPT di FIP UM meliputi persiapan bahan dan materi yang akan dipresentasikan kepada mahasiswa baru pemateri atau fasilitator dalam menyampaikan materi tidak hanya bersifat informatif tetapi melakukan interaksi dengan peserta PKPT. Metode yang digunakan untuk PKPT terakhir adalah berbasis kelas. Pada saat pergantian sesi materi panitia memberikan game-game kepada peserta PKPT agar mereka tidak merasa jenuh. Dalam kegiatan PKPT diberikan materi mulai lingkup Universitas sampai jurusan. Strategi internalisasi yang digunakan panitia adalah dengan menggunakan peraturan dan tatatertib peserta PKPT pemberian tugas-tugas dan sanksi yang bersifat edukatif. 12288 12288 12288 12288 Saran kepada Wakil Dekan I FIP UM diharapkan pada kegiatan PKPT yang akan datang dan selanjutnya untuk lebih memperhatikan aspek-aspek strategi internalisasi nilai-nilai dan budaya akademik karena berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada peserta PKPT ada yang merasa bosan dan ada yang merasa nyaman. Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) diharapkan agar menyampaikan materi tentang nilai-nilai dan budaya akademik di Jurusan AP termasuk juga bagaimana pola pembelajarannya proses perkuliahannya dan apa kurikulum yang dipakai. Diharapkan untuk panitia kegiatan PKPT selanjutnya lebih kreatif dalam proses internalisasi nilai-nilai dan budaya akademiknya. Misalnya dengan melakukan demonstrasi langsung kepada mahasiswa baru. Bagi peneliti lain diharapkan untuk lebih memperdalam kajian tentang transformasi nilai-nilai dan budaya akademik mahasiswa baru melalui PKPT di FIP dan bisa menyempurnakan hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item