Faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan sosial pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007 / Swesti Indri Agustyn - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan sosial pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007 / Swesti Indri Agustyn

Agustyn, Swesti Indri (2009) Faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan sosial pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007 / Swesti Indri Agustyn. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustyn Swesti Indri. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sosial Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Makaryanawati S.E. M.Si. Ak. Kata kunci luas pengungkapan sosial high profile low profile umur perusahaan ukuran dewan komisaris kepemilikan saham publik . Keberadaan perusahaan dalam masyarakat dapat memberikan aspek yang positif dan negatif. Di satu sisi perusahaan menyediakan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat namun di sisi lain tidak jarang masyarakat mendapatkan dampak buruk dari aktivitas bisnis perusahaan. Polusi lingkungan produk yang membahayakan kesehatan eksploitasi tenaga kerja dan penggunaan energi yang tidak bertanggung jawab merupakan contoh bentuk negatif yang ditimbulkan oleh perusahaan. Penelitian mengenai keluasan pengungkapan dalam laporan tahunan perusahaan dan faktor-faktor untuk dilakukan. Penelitian semacam ini akan memberikan gambaran perbedaan keluasan pengungkapan yang dilakukan oleh tiap-tiap perusahaan dan faktor- faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari faktor-faktor yang terdiri dari profil perusahaan umur perusahaan ukuran dewan komisaris dan kepemilikan saham publik terhadap luas pengungkapan sosial perusahaan. Pengujian dilakukan secara purposive terhadap perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2007. Hasil pengujian dengan menggunakan uji regresi linier berganda menunjukan bahwa profil perusahaan ukuran dewan komisaris dan kepemilikan saham publik secara stasistik berpengaruh atas luas pengungkapan sosial perusahaan. Pengujian terhadap satu variabel independen yang lain yaitu umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan sosial perusahaan. Hasil pengujian yang signifikan atas profil perusahaan menunjukkan bahwa dengan tingkat yang lebih tinggi pada industri kategori high profile perusahaan merasa perlu menerapkan luas pengungkapan yang lebih baik dengan tujuan untuk menciptakan penilaian yang positif terhadap kinerja perusahaan. Hasil pengujian yang signifikan atas ukuran dewan komisaris menunjukkan bahwa semakin besar jumlah anggota dewan komisaris maka kegiatan monitoring menjadi semakin efisien. Sedangkan hasil pengujian yang signifikan atas kepemilikan saham publik membuktikan bahwa pengungkapan yang dilakukan perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan ikut berinvestasi.Berdasar hasil penelitian dapat disarankan sebagai berikut (1) para investor diharapkan sudah mulai merespon dengan baik informasi sosial yang disajikan perusahaan (2) untuk peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan obyek penelitian dan periode yang lebih luas serta menambahkan variabel-variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36115

Actions (login required)

View Item View Item