Zakky, Muhammad Ikhsan (2024) Gaya belajar siswa kelas X Program Keahliaan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 11 Malang / Muhammad Ikhsan Zakky</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Cara kita memperlakukan pengalaman yang kita peroleh melalui modalitas disebut gaya belajar. Gaya belajar siswa terdiri dari gaya belajar visual gaya belajar kinestetik dan gaya belajar auditori. Belajar visual mengandalkan penglihatan untuk memahami dan mengingat sesuatu sedangkan gaya belajar kinestetik merupakan gaya belajar yang biasa disebut belajar gerak yang artinya siswa melakukan kegiatan pembelajaran dengan melakukan gerak anggota tubuh untuk memahami situasi. Dan yang terakhir gaya belajar auditori merupakan gaya belajar yang mengandalkan pendengaran untuk bisa memahami dan mengingatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar apa saja yang ada di SMKN 11 Malang terutama pada anak kelas 10. Dengan adanya hasil dari gaya belajar pada masing-masing anak maka akan dapat memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dimana hasil diperoleh melalui angket yang disebar kepada siswa dan diisi sesuai dengan yang mereka minati. Dengan jumlah subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 11 Malang dengan jumlah 60 siswa yang diantaranya 30 siswa kelas X TKRO 1 dan 30 siswa kelas X TKRO 4. Berdasarkan hasil dari perhitungan angket diketahui bahwa sebagian kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 11 Malang memiliki gaya belajar kinestetik dengan persentase 65% gaya belajar visual 20% dan gaya belajar auditori 15%. Dari hasil skor kelas X TKRO 1 dan X TKRO 4 dengan jumlah masing-masing 30 siswa memiliki persentase yang seimbang diantaranya gaya belajar kinestetik sebesar 32 5% gaya belajar visual sebesar 10% dan gaya belajar auditori sebesar 7 5%. Berdasarkan hasil tersebut masing-masing kelas memiliki persamaan terhadap gaya belajarnya yakni sama-sama cenderung pada gaya belajar kinestetik. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa gaya belajar yang paling diminati oleh siswa kelas X TKRO 1 dan siswa kelas X TKRO 4 adalah gaya belajar kinestetik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/361068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |