Pengembangan e-modul sistem turbocharger pada mata pelajaran engine unit alat berat berbasis aplikasi di SMKN 6 Malang / Muhammad Naufal Faris</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul sistem turbocharger pada mata pelajaran engine unit alat berat berbasis aplikasi di SMKN 6 Malang / Muhammad Naufal Faris</p>

Faris, Muhammad Naufal (2024) Pengembangan e-modul sistem turbocharger pada mata pelajaran engine unit alat berat berbasis aplikasi di SMKN 6 Malang / Muhammad Naufal Faris</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di Era Society 5.0 sekarang mengacu pada paradigma pendidikan abad 21 yang bertujuan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berintelektual tinggi dengan menyongsong perkembangan teknologi. Untuk mencapai keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diperhatikan melalui pemilihan media pembelajaran bahan ajar yang digunakan penggunaan teknologi pembelajaran yang tepat serta seberapa besar andil seorang guru terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini 1) Menghasilkan produk berupa e-modul sistem turbocharger berbentuk aplikasi dengan memanfaatkan Canva yang dipadukan dengan flip pdf corporate dan kodular untuk mata pelajaran Engine Unit Alat Berat kelas XI Teknik Alat Berat di SMKN 6 Malang. 2) Mengetahui kelayakan konten materi dan format media dalam E-modul Sistem turbocharger pada mata pelajaran Engine Unit Alat Berat kelas XI Teknik Alat Berat berbasis aplikasi di SMKN 6 Malang berdasarkan pendapat ahli dalam bidang materi dan media. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu RnD (Research dan Development) dengan menerapkan model ADDIE. Dalam prosesnya model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis tahap perencanaan tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Dalam setiap prosesnya semua tahapan ini harus dilaksanakan secara berurutan. Hasil uji kelayakan oleh 1) Ahli materi dengan presentase 86 84% dengan kriteria sangat layak 2) Ahli media dengan presentase 95% dengan kriteria sangat layak. 3) Angket respon peserta didik pun menunjukan hasil dengan presentase 87 90% dengan kategori sangat layak. Maka hasil tersebut menunjukan bahwa e-modul sangat layak untuk dikembangkan kepada peserta didik dan sangat layak untuk dijadikan bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/361067

Actions (login required)

View Item View Item