Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa dalam pembelajaran TIK Kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Malang / Bobby Sas Arisandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa dalam pembelajaran TIK Kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Malang / Bobby Sas Arisandi

Arisandi, Bobby Sas (2012) Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa dalam pembelajaran TIK Kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Malang / Bobby Sas Arisandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemanfaatan internet sumber belajar pembelajaran TIK. Internet merupakan suatu kumpulan dari berbagai informasi baik hiburan maupun ilmu pengetahuan. Internet dalam pendidikan berperan penting dalam proses belajar mengajar. Demi menciptakan sumber daya manusia yang kompeten banyak informasi yang bisa diambil melalui internet. Tergantung bagaimana siswa mampu memilih informasi yang dapat dijadikan sumber belajar. Posisi guru sebagai pelengkap dan memperjelas apabila informasi yang didapat siswa kurang jelas. Serta mengontrol jalannya pembelajaran agar terjadi proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti mengenai pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dalam pembelajaran TIK kelas X meliputi bagaimana siswa memanfaatkan internet dalam pembelajaran TIK apa saja yang menjadi masalah dalam pemanfaatan media internet dan bagaimana pemecahan masalahnya. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tumpang yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Malang yang sudah dua tahun menyediakan fasilitas internet disekolah . Instrumen yang dipakai menggunakan dokumentasi pedoman observasi pedoman wawawancara dan angket. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2012. Dari hasil penelitian di SMA Negeri 1 Tumpang didapatkan fakta bahwa sarana dan prasarana yang disediakan sangat memadai dan dapat menunjang proses belajar mengajar. Rasio jumlah siswa dengan komputer kurang sesuai. Semua kegiatan pembelajaran sudah terlaksana baik guru dalam mengajar maupun siswa dalam memanfaatkan media. Sebagian besar siswa berpendapat bahwa internet sangat membantu dalam proses belajar mengajar sebagian besar siswa memanfaatkan internet disekolah hanya 1-2 jam pelajaran sebgaian besar siswa setuju jika posisi buku sudah digantikan perannya oleh internet sebagian besar siswa tidak pernah memanfaatkan internet untuk hal-hal menyimpang atau diluar materi yang disampaikan guru. Pembelajaran online perpustakaan digital web sekolah blog guru dan siswa sudah tersedia didalam internet. Berdasarkan hasil penelitian ini SMA Negeri 1 Tumpang memliki sarana yang memadai meskipun jumlah siswa dengan komputer kurang sesuai diharapkan para siswa mampu mengoptimalkan sarana dan prasarana yang telah disediakan sekolah dan meningkatkan hasil belajar berdasarkan informasi yang didapat melalui internet. Bagi guru disarankan agar pembelajaran yang diberikan lebih interaktif karena banyak sekali media interaktif yang bisa didapat melalui internet. Baik siswa maupun guru diharapkan harus selektif dalam memanfaatkan internet agar tidak terpengaruh kedalam hal yang negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item