Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2007 / Rosalita Rachma Agusti

Agusti, Rosalita Rachma (2009) Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2007 / Rosalita Rachma Agusti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebijakan hutang merupakan kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan perimbangan jumlah hutang dan ekuitas. Menurut beberapa teori, penggunaan hutang mempengaruhi nilai perusahaan. Penggunaan hutang yang tinggi dapat menyebabkan beberapa dampak sehingga penggunaan hutang harus pada tingkat yang optimal. Berdasarkan agency theory, adanya kepemilikan manajerial menyebabkan manajer lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan pendanaan. Selain kepemilikan manajerial, pertumbuhan penjualan merupakan faktor lain yang mempengaruhi kebijakan hutang melalui pecking order theory. Kepemilikan manajerial dan pertumbuhan penjualan diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kebijakan hutang sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung kepemilikan manajerial dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai variabel intervening. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2005-2007. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate cluster random sampling dan diperoleh 60 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dengan pendekatan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap kebijakan hutang tetapi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) Pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap kebijakan hutang namun tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (3) Kebijakan hutang berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (4) Kepemilikan manajerial berpengaruh secara tidak langsung terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai variabel intervening. (5) Pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil tesebut, penelitian ini menyarankan agar bagian saham yang dimiliki oleh pihak manajemen lebih ditingkatkan dan untuk penelitian selanjutnya agar mempertimbangkan variabel lain, seperti tingkat inflasi dan dividend payout ratio, serta variabel kepemilikan manajerial dapat diukur dengan dummy variabel atau dilakukan pengelompokkan tingkat kepemilikan manajerial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36098

Actions (login required)

View Item View Item