Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 (studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Malang) / Artha Ferdiansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 (studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Malang) / Artha Ferdiansah

Ferdiansah, Artha (2014) Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 (studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Malang) / Artha Ferdiansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ferdiansah Artha. 2014. Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd (2) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata Kunci peran kepala sekolah implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan 12288 12288 12288 12288 Peran kepala sekolah merupakan seperangkat perilaku yang merupakan bagian dari tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang yang mempunyai wewenang dalam jabatan fungsional yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang pemimpin dan mengelola suatu lembaga pendidikan. Kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 berperan sebagai Educator Manajer Administrator Supervisior Leader Innovator Motivator (EMASLIM). Dengan demikian pekerjaan kepala sekolah semakin hari semakin meningkat dan akan selalu meningkat sesuai dengan perkembangan pendidikan yang diharapkan. Dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum 2013 ini peran kepala sekolah sangatlah penting dalam memberdayakan semua sumberdaya sekolah dalam keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum dan mendeskripsikan Kendala dan solusi implementasi Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Malang pendekatan ini digunakan untuk mengungkap data deskriptif dari para informan tentang apa yang peneliti rasakan lakukan dan peneliti alami selama penelitian. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang bermaksud untuk memfokuskan secara mendalam mengenai objek atau kasus yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan Trianggulasi data. Proses analisis dilakukan terhadap keseluruhan data yang didapat di lapangan baik data yang didapatkan dari sebelum penelitian ataupun saat penelitian berlangsung. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga temuan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Malang. SMK Muhammadiyah 1 Malang mengimplementasikan Kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 yang mulai diimplementasikan pada awal tahun ajaran pertengahan Juli 2013 secara bertahap. Dalam Implementasi perubahan kurikulum ini memicu kemampuan pemahaman yang baik terhadap maksud Kurikulum 2013 sehingga pelaksanaanya sesuai dengan sasaran. Perubahan kurikulum tentu juga menghadirkan beberapa perbedaan dengan kurikulum yang lama maka kepala sekolah dan tenaga kependidikan merupakan kunci keberhasilan dalam implementasi Kurikulum 2013 ini. 12288 12288 12288 12288 Kedua peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu (1) sebagai educator kepala sekolah memiliki kemampuan untuk membimbing dan mengembangkan baik tenaga kependidikan maupun peserta didik mengembangkan tenaga kependidikan mengikuti perkembanagan iptek dan membri contoh mengajar. (2) sebagai manajer kepala sekolah mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah dalam rangka mewujudkan visi misi dan mencapai tujuan. (3) sebagai administrator kepala sekolah memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktifitas pengelolaan administrasi mempunyai keahlian di bidang administrasi. (4) sebagai supervisior mensupervisi kegiatan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan. (5) sebagai leader kepala sekolah mendorong dan menggerakkan tenaga kependidikan untuk bekerja sama dalam mencapai visi misi dalam pencapaian tujuan. (6) sebagai innovator kepala sekolah mampu mencari menemukan dan melaksanakan berbagai pembaharuan di sekolah dan (7) sebagai motivator kepala sekolah mempunyai strategi yang tepat dalam memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan sesuai tugas dan fungsinya. Ketiga faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Kendala antara lain rendahnya kesadaran guru sebagai pendidik banyak pro dan kontra penambahan jam pembelajaran belum adanya evaluasi guru dipandang memiliki kemampuan yang sama. Langkah Solusinya ialah mengetahui tujuan perbaikan mengenal situasi sekolah mengetahui kebutuhan siswa dan guru mengenal masalah yang dihadapi sekolah mengenal kompetensi guru mengetahui gejala sosial sekolah dan mengetahui perkembangan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut. Pertama Bagi Kepala SMK Muhammadiyah 1 Malang hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi kepala sekolah lain sebagai bahan rujukan untuk lebih meningkatkan peran kepemimpinannya dalam memimpin sekolah tersebut agar dapat memberikan perubahan peningkatan yang lebih baik dan bagus lagi untuk sekolah yang sedang dipimpinnya. Kedua bagi guru SMK Muhammadiyah 1 Malang penelitian ini dapat menambah wawasan dalam implementasi kurikulm 2013 kepada peserta didik sesuai dengan tujuan sekolah. Ketiga bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui peran kepala sekolah. Keempat bagi peneliti lain sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian yang serupa dan sebagai bahan perbandingan dengan peneliti yang sudah ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item