Pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan balance scorecard (Studi kasus pada CV. Cempaka Tulungagung periode tahun 2005-2007) / Hanif Fadlyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan balance scorecard (Studi kasus pada CV. Cempaka Tulungagung periode tahun 2005-2007) / Hanif Fadlyati

Fadlyati, Hanif (2009) Pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan balance scorecard (Studi kasus pada CV. Cempaka Tulungagung periode tahun 2005-2007) / Hanif Fadlyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadlyati Hanif. 2008. Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi kasus Pada CV. Cempaka Tulungagung Periode Tahun 2005-2007). Skripsi Jurusan Akuntansi Program studi Akutansi Murni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Pujiningsih S.E Ak M.Si. (II) Triadi Agung Sudarto S.E. Ak. M.Si. Kata Kunci Balanced Scorecard Penelitain ini bertujuan mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard dengan menggunakan empat perspektif yaitu (1) perspektif keuangan (2) perspektif pelanggan (3) perspektif proses internal bisnis dan (4) perspektif pembalajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan obyek CV. Cempaka yang bergerak dalam industri rokok dan memproduksi rokok merk CEMPAKA. Tolok ukur pengukuran kinerja terdiri dari (1) perspektif keuangan CR PMoS ROI ROE (2) perspektif pelanggan retensi pelanggan akuisisi pelanggan sales growth dan sales retur (3) perspektif proses internal bisnis yield rate dan MCE (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan employee turnover employee Absenteeisem dan employee productivity. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Pengukuran kinerja dilakukan dengan mendiskripsikan hasil perhitungan tolok ukur selama tahun 2005 2006 2007. adapun untuk mengetahui tingkat kinerja menggunakan time series analysis yaitu membandingkan hasil pengukuran selama tahun 2005 2006 2007. Analisis hasil perhitungan kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard selama tahun 2005 2006 dan 2007 dilihat dari tolok ukur perspektif keuangan menunjukkan CR (89% 93 22% 99 08%) PMoS (1 79% 1 84% 4 31%) ROI ( 4 03% 4 24% 11 63%) ROE (20 01% 22 37% 37 25%). Tolok ukur perspektif pelanggan menunjukkan hasil retensi pelanggan (116 22% 149 56% 121 23%) akuisisi pelanggan (5 73% 7 84% 6 65%) Sales Growth (40 83% 39 22% 13 63%) Sales Retur (2 18% 1 87% 1 63%) . Tolok ukur perspektif proses internal bisnis menunjukkan hasil Yield Rate (88 46% 88 94% 88 92%) MCE (93 26% 95 19% 98 07%). Tolok ukur perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil Employee turnover (0 93% 1 17% 1 03%) Employee Absenteeism (1 28% 1 22% 1 15%) Employee Productivity (10348 17% 151169 43% 1824 5%). Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian menunjukkan perhitungan tolok ukur kinerja selama tahun 2005 2006 2007 menunjukkan kinerja perusahaan dalam menggunakan tolok ukur dari perspektif keuangan perspektif proses internal bisnis dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mengalami peningkatan. Hanya pada perspektif pelanggan yang kurang baik karena mengalami penurunan pada tahun 2007. Untuk itu perusahaan disarankan untuk memperbaiki kinerjanya dengan meningkatkan jumlah penjualan dan laba bersihnya serta menerapkan balanced scorecard secara nyata dalam menjalankan perusahaan dan harus diperbaiki secara berkala sesuai dengan perkembangan lingkungan bisnis serta perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36073

Actions (login required)

View Item View Item