Problem based learning berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis / Intan Permata Putri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Problem based learning berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis / Intan Permata Putri</p>

Putri, Intan Permata (2024) Problem based learning berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis / Intan Permata Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi ini bermaksud mengembangkan kapasitas berpikir analitis serta meningkatkan capaian akademis siswa kelas X MPLB SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan teknik pemetaan pikiran (mind mapping) menggunakan media canva. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Suharsimi Arikunto adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek yang diteliti merupakan siswa dari kelas X MPLB. Metode pengambilan data meliputi observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan dalam hal aktivitas guru keterlibatan siswa kemampuan berpikir secara kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotorik setelah perbaikan pada siklus II. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan canva memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kreativitas kolaborasi serta keterampilan komunikasi dan presentasi siswa. Penggunaan media canva membantu siswa dalam menyajikan hasil kerja mereka secara menarik dan visual serta mendorong kreativitas dan kolaborasi dalam mengerjakan tugas kelompok. Meskipun terdapat tantangan yang dialami sebagian siswa dalam pengelolaan waktu dan kendala fasilitas sekolah seperti komputer yang sering mengalami gangguan serta koneksi internet yang lambat. Secara keseluruhan model problem based learning berbantuan mind mapping menggunakan canva terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/360668

Actions (login required)

View Item View Item