Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia / Asri Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia / Asri Wardhani

Wardhani, Asri (2009) Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia / Asri Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Asri. 2009. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. (II) Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Kinerja Keuangan Harga Saham Perkembangan ekonomi di Indonesia yang semakin pesat ini membuat para investor lebih berhati-hati dalam berinvestasi pada suatu perusahaan. Informasi yang sering digunakan untuk pengambilan keputusan adalah laporan keuangan yang mencerminkan kinerja keuangan perusahaan karena hal tersebut akan mempengaruhi harga saham di masa mendatang. Baik buruknya kinerja keuangan suatu perusahaan tercermin dalam rasio keuangan. Ada beberapa rasio keuangan yang sering digunakan oleh perusahaan antara lain current ratio (CR) ROA dan PER. Dari beberapa rasio tersebut dapat diukur seberapa besar kinerja keuangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari kinerja keuangan dengan menggunakan rasio keuangan terhadap harga saham. Dengan kata lain penelitian ini ingin menguji apakah kinerja keuangan dapat digunakan untuk mendeteksi harga saham di masa mendatang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi yaitu dengan menggunakan data keuangan dari 60 perusahaan manufaktur selama tiga periode yaitu dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2006 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur. Hal tersebut berarti bahwa investor lebih memperhatikan faktor lain seperti tingkat inflasi tingkat bunga volume perdagangan dan sebagainya dibandingkan kinerja keuangan perusahaan. Selain itu investor cenderung menggunakan analisis teknikal daripada analisis fundamental dalam menilai harga saham. Penelitian ini masih menyisakan beberapa keterbatasan yaitu pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan perusahaan pada satu sektor industri di Bursa Efek Indonesia yaitu perusahaan manufaktur sehingga untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menambah variabel lain dan memasukkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36060

Actions (login required)

View Item View Item