Layanan transportasi sekolah dalam meningkatkan disiplin waktu peserta didik di MTs Negeri Kepanjen Malang / Mita Anggeni Arta

Arta, Mita Anggeni (2014) Layanan transportasi sekolah dalam meningkatkan disiplin waktu peserta didik di MTs Negeri Kepanjen Malang / Mita Anggeni Arta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arta, Mita Anggeni. 2014. Layanan Transportasi SekolahdalamMeningkatkan Disiplin Waktu Peserta Didik di MTs Negeri Kepanjen. Skripsi, JurusanAdministrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas NegeriMalang, Pembimbing: (I) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd, (II) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd. Kata kunci: layanan transportasi sekolah, disiplin waktu, danMTs.     Layanan transportasi sekolah merupakan kegiatan pemberianfasilitas untuk melayani antar jemput peserta didik dengan tujuan memudahkan transportasi dari dan menuju sekolah. Peserta didik akan dapat masuk atau pulang sekolah dengan tepat waktu, sehingga disiplin waktu peserta didik akan meningkat. MTs Negeri Kepanjen merupakan salah satu sekolah di Kepanjen yang memiliki layanan transportasi sekolah. Fokus Penelitian ini mendeskripsikan profil layanan transportasi sekolah, pengelolaan layanan transportasi sekolah, disiplin waktu peserta didik setelah mengikuti layanan transportasi Sekolah, factor pendukung, penghambat, dan upaya mengurangi hambatan dalam pengelolaan layanan transportasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil layanan transportasi sekolah, pengelolaan layanan transportasi sekolah, disiplin waktu peserta didik setelah mengikuti layanan transportasi sekolah, factor pendukung, penghambat, dan upaya mengurangi hambatan dalam pengelolaan layanan transportasi sekolah.    Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dimaksudkan untuk membuktikan kajian yang mendalam tentang fenomena. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Kehadiran peneliti di lokasi diketahui oleh seluruh warga MTs Negeri Kepanjen. Peneliti hadir di lokasi penelitian sebanyak 20 kali mulai Tanggal 18 Oktober 2013 sampai dengan2 April 2014.Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Kepanjenyang beralamatkan di Jalan Sukoraharjo No 36 Kepanjen Kabupaten Malang, Jawa Timur.Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka humas, waka kesiswaan, pengemudi, orangtua pesertadidik, dan pesertadidik.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antaralain wawancara, pengamatan, dandokumentasi. Analisis data dilakukan dengancaramereduksi data merangkum, memilih hal-hal yang pokok,memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya agar data yangtelah direduksi. Pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi,pengecekan anggota, meningkatkan ketekunan, diskusi teman sejawat, kecukupan bahan referensi.Tahap-tahap penelitian ini antara lain pendahuluan, penyusunan proposal, pelaksanaan, danpenyusunanlaporan.     Kesimpulan penelitian ini adalah layanan transportasi MTs Negeri Kepanjen diadakan sejak Tahun 2010 dan saat ini pengguan layanan transportasi sekolah berjumlah 28 peserta didik. Kendaraan yang digunakan berupa mobil Carry dan L300. Tujuan layanan transportasi memberikan layanan transportasi, keamanan, dan meningkatkan disiplin waktu.Perencanaannya dimulai dari pengadaan kendaraan dan pengemudi, memberi informasi kepada masyarakat, mendata peserta didik, menentukan rute, membuat jadwal, menentukan biaya transportasi yang ditentukan pengemudi dan orangtua peserta didik. Penanggung jawablayananini waka humas, pengelola administrasi madrasah, dan Kepala Madrasah. Layanan ini berangkat pukul 05.30 WIB sampai disekolah pukul 06.15 WIB, jam masuk sekolah pukul 06.45 WIB. Untuk menjemput peserta didik 20 menit sebelum jam pulang sekolah kendaraan sudah di sekolah. Evaluasi meliputi aspek evaluasi, teknik evaluasi, serta pihak mengevaluasi dan dievaluasi. Faktor Pendukungnya antara lain kesiapan madrasah, kerjasama yang baik, dan dukungan orang tua peserta didik. Hambatannya tidak tepat waktu membayar layanan transportasi sekolah sedangkan upaya mengurangi hambatan menutupi biaya tersebut menggunakan uang madrasah terlebih dahulu. Setelah mengikuti layanan transportasi sekolah peserta didik selalu tepat waktu berangkat dan pulang sekolah, sertabisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk kegiatan belajar di sekolah dan di rumah.     Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada: Kepala MTs Negeri Kepanjen, mengevaluasi kenyamanan kendaraan, memperbaiki tata tertib yang berhubungan dengan ketepatan waktu pembayaran, membuat kebijakan sanksi bagi pelanggar tata tertib layanan transportasi sekolah, dan membuat kebijakan pembayaran layanan transportasi sekolah disatukan dengan pembayaran SPP. Pengelola Layanan Transportasi Sekolah, sebaiknya membuat buku presensi khusus peserta didik pengguna layanan transportasi sekolah yang diberikan kepada pengemudi dan membuat kotak pengaduan layanan transportasi sekolah hal ini bertujuan mempermudah mengevaluasi kehadiran peserta didik dan program layanan transportasi. Kepala Kantor Kementerian Agama, dapat membantu meningkatkan layanan transportasi madrasah dengan mengadakan layanan transportasi sekolah gratis guna meningkatkan disiplin waktu peserta didik. Masyarakat, dapat mendukung program layanan trasnportasi sekolah dengan mengikutsertakan putra-putrinya mengikuti layanan transportasi sekolah guna meningkatkan disiplin waktu. Penelitilain, kepada para peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item