Pengaruh tingkat likuiditas, laverage, dan perputaran total aktivita terhadap return on equity (ROE) pada Perusahaan Manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007 / Sasmita Panjitama

Panjitama, Sasmita (2010) Pengaruh tingkat likuiditas, laverage, dan perputaran total aktivita terhadap return on equity (ROE) pada Perusahaan Manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007 / Sasmita Panjitama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Panjitama, Sasmita. 2008. Pengaruh Tingkat Likuiditas, Laverage , dan Perputaran Total Aktiva Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publick di BEI Pada Tahun 2007. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) DR. Sunaryanto, M. ED, (2) Triadi Agung Sudarto, SE, M.Si, Ak. Kata kunci: Tingkat Likuiditas, Laverage, Perputaran Total Aktiva, dan ROE Untuk dapat menarik investor dari luar, maka suatu perusahaan haruslah memiliki kinerja keuangan yang baik, yang antara lain ditunjukkan oleh tingkat keuntungan atau tingkat profitabilitas yang dicapai oleh perusahaan bersangkutan. Salah satu cara untuk menghitung profitabilitas adalah Return On Equity (ROE), yaitu alat untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bagi pemegang saham. Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya ROE diantaranya adalah aktiva, penjualan, dan hutang yang tertanam dalam perusahaan. Pengelolaan aktiva secara efektif dalam perusahaan akan dapat meningkatkan nilai ROE, yang berarti tingkat keuntungan yang tersedia bagi pemilik modal juga semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh tingkat likuiditas, laverage, dan perputaran total aktiva terhadap ROE. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yaitu uji asumsi klasik untuk mencari bentuk pengaruhnya, serta uji t untuk menguji pengaruh secara parsial untuk masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji F untuk menguji pengaruh secara simultan dari keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji koefisien determinasi. Populasi yang digunakan dalm penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang go publik di BEI tahun 2007 yang berjumlah 142 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik randomly sampling yaitu pengambilan sampel secara acak karena setiap populasi mempunyai kesempatan untuk terpilih menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari variabel tingkat likuiditas dan laverage debt ratio terhadap ROE, sedangkan untuk variabel perputaran total aktiva terdapat pengaruh yang signifikan terhadap ROE. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat likuiditas, laverage debt ratio, dan perputaran total aktiva terhadap ROE. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan dalam penelitian lebih lanjut untuk menambah variabel bebas yang dapat diindikasikan berpengaruh terhadap ROE dan meneliti jenis perusahaan lain serta menambah jumlah sampel. Bagi investor penelitian ini dapat dijadikan gambaran tentang pengaruh tingkat likuiditas, laverage debt ratio, dan perputaran total aktiva terhadap ROE sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36051

Actions (login required)

View Item View Item