Sari, Zanuaria Ika Purnama (2014) Peran kepemimpinan kepala TK laki-laki dalam meningkatkan kinerja guru (studi kasus di TK Kartika IV-28 Tulungagung) / Zanuaria Ika Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sari Zanuaria Ika Purnama. 2014. Peran Kepemimpinan Kepala TK Laki-Laki (Studi Kasus di TK Kartika IV-28 Tulungagung). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M. Pd (II) Raden Bambang Sumarsono S. Pd M. Pd. Kata kunci peran kepemimpinan kepala TK 12288 12288 12288 12288 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/TK juga sangat memerlukan manajemen pendidikan yang baik. Manajemen pendidikan yang bermutu tidak terlepas dari kemampuan kepala sekolah. Keberhasilan untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam merencanakan mengkoordinasikan menggerakkan dan menselaraskan sumber daya pendidikan yang tersedia. 12288 12288 12288 12288 TK Kartika IV-28 Tulungagung merupakan TK yang dipimpin oleh seorang laki-laki. Mengingat sangat jarangnya TK yang dipimpin oleh seorang laki-laki maka peneliti memiliki keinginan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menjalankan tugas dan perannya dalam menggerakkan para bawahannya untuk mencapai tujuan sekolah. Mengingat masih sedikitnya kepala sekolah laki-laki di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini dan TK Kartika IV-28 memiliki kepala sekolah laki-laki yang berprestasi di bidangnya namun tidak menutup kemungkinan juga memiliki mobilitas yang tinggi. Di sisi lain Kepala TK harus mampu menggerakkan para guru untuk meningkatkan kinerja. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan (1) peran sebagai educator (2) peran sebagai manager (3) peran sebagai administrator (4) peran sebagai supervisor (5) peran sebagai leader (6) peran sebagai innovator (7) peran sebagai motivator dan (8) strategi Kepala TK meningkatkan kinerja guru. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian menggunakan teknik wawancara observasi dan analisis dokumen. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) peran sebagai Educator meliputi kegiatan Kepala TK sebagai educator untuk perkembangan peserta didik salah satunya ialah pelaksanaan finger printing kegiatan Kepala TK sebagai educator ialah membantu guru dalam penyampaian materi atau model pembelajaran yang menyenangkan serta pengembangan profesi guru dengan mengikutkan penataran dan seminar-seminar (2) peran sebagai Manager meliputi peran Kepala TK sebagai manajer tercermin di Rencana Kerja Tahunan Kepala Sekolah selama satu tahun ke depan wujud kerjasama ialah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan guru dan walimurid Kepala TK sebisa mungkin melakukan perencanaan pemantauan sampai pada tahap evaluasi (3) peran sebagai Administrator meliputi administrasi TK dilakukan oleh tenaga administrasi dipantau oleh Kepala TK administrasi kepegawaian yang dilakukan Kepala TK ialah dengan mengingkatkan kesejahteraan guru administrasi dalam bidang keuangan ialah berusaha menambah insentif guru bidang sarana dan prasarana Kepala TK berusaha menyediakan perlatan dan perlengkapan untuk menunjang pembelajaran. (4) peran sebagai Supervisor meliputi supervisi menurut pandangan guru-guru di TK Kartika IV-28 ialah penilaian terhadap hasil kerja guru manfaat supervisi ialah untuk mengetahui kekurangan diri atau kekurangan dari kemampuan guru memperbaiki kekurangan yang ada menambah pengalaman dalam mengajar serta dapat mengukur kemampuan guru pelaksanaan supervisi yang dilakukan Kepala TK sering menggunakan teknik kunjungan kelas simulasi pembelajaran pembicaraan individual dan rapat. (5) peran sebagai Leader meliputi gaya kepemimpinan yang diterapkan ialah gaya kepemimpinan delegatif tipe kepemimpinan ialah tipe kepemimpinan demokratis proses pengambilan keputusan seringkali melibatkan orang banyak diantaranya ialah para guru tenaga pendidikan yang lain dan seluruh anggota rapat. (6) peran sebagai Innovator meliputi inovasi-inovasi dalam meningkatkan mutu sekolah salah satunya ialah meningkatkan keterampilan-keterampilan anak didiknya peningkatan kreatifitas peserta didik dengan menyediakan wadah ekstrakurikuler berupa drumband tari dan mewarna hambatan yang paling dirasakan Kepala TK Kartika IV-28 ialah masalah dana. hambatan yang dirasakan oleh para guru yaitu minimnya waktu yang dimiliki kepala sekolah untuk melakukan pembaharuan cara mengatasi hambatan tersebut dengan cara Kepala TK lebih meningkatkan lagi komunikasi dan kerjasama dengan guru-guru. (7) peran sebagai Motivator meliputi wujud motivasi dalam bentuk dorongan berupa ucapan-ucapan penyemangat penghargaan bisa dengan pujian dalam perkataan juga berupa hadiah atau intensif hukumannya ialah memberikan teguran secara langsung. (8) strategi Meningkatkan Kinerja Guru meliputi kepala TK menggunakan teknik supervisi dan rapat guru dalam melakukan penilaian kinerja guru-guru Faktor yang mempengaruhi kinerja guru di TK Kartika IV-28 Tulungagung diantaranya kepemimpinan Kepala TK gaji yang diberikan dan tingkat pendidikan guru hambatannya ialah masalah gaji dan minimnya waktu yang dimiliki Kepala TK untuk guru-guru Strategi ialah dengan memberikan motivasi kepada guru untuk bekerja lebih baik dan lebih baik lagi. Selain itu semakin ditingkatkannya kerjasama antara kepala sekolah dengan guru-guru. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang diajukan peneliti meliputi (1) Yayasan Kartika Jaya hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan informasi tentang kinerja dari semua tenaga pendidikan baik kepala sekolah maupun para guru di TK Kartika IV-28 Tulungagung. Serta memperbaiki dan mengatasai hambatan-hambatan yang dirasakan tenaga pendidik untuk pengembangan sekolah khusus nya masalah gaji dan minimnya waktu yang dimiliki Kepala TK untuk para guru (2) Kepala TK hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan untuk meningkatkan serta memperbaiki kinerja khusunya dalam hal jadwal atau waktu yang dimiliki TK selain itu diharapkan Kepala TK lebih meningkatkan komunikasi dengan guru-guru (3) Guru sebagai bahan informasi untuk lebih meningkatkan kinerja dan komunikasi dengan Kepala TK sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah dengan semakin meningkatkan kreatifitas guru sendiri (4) jurusan Administrasi Pendidikan sebagai bahan kajian yang dapat dijadikan referensi khususnya yang berkaitan dengan Kepemimpinan di jurusan Administrasi Pendidikan (5)peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam dan kompleks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3605 |
Actions (login required)
View Item |