Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan motivasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan / Retno Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan motivasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan / Retno Mayasari

Mayasari, Retno (2008) Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan motivasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan / Retno Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mayasari Retno. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Interaksi dan Motivasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IS -1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan. Skripsi Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Dr. Bambang Sugeng M. A. M. M. Ak (II) Yuli Widi Astuti SE . M. Si. Ak Kata Kunci Kooperatif Cooperative Script Interaksi Motivasi Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan motivasi belajar siswa kelas XI-IS 1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Script. Berdasarkan observasi awal pada kelas yang diteliti dapat diketahui bahwa pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan secara umum masih mengacu pada model pembelajaran dimana guru menerangkan sementara siswa mendengarkan kemudian mengerjakan latihan soal dan mengumpulkannya. Dalam hal ini interaksi dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang maksimal karena kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru yang menjadi sumber informasi utama. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan semester genap tahun ajaran 2007/2008 pada materi jurnal khusus dan jurnal umum perusahaan dagang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 April sampai 14 Mei 2008 dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru lembar observasi interaksi siswa angket motivasi siswa serta wawancara dan catatan lapangan sebagai data pendukung penelitian. Analisis hasil penelitian dideskripsikan dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model Cooperative Script pada siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan terbukti telah mampu menyelesaikan masalah lemahnya interaksi dan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran akuntansi. Peningkatan Interaksi terjadi antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru. Siswa lebih mampu berperan aktif dan bekerja sama dalam kegiatan belajar kelompok lebih mampu mentransfer pengetahuan kepada pasangannya dan lebih berani mengemukakan pendapat maupun mengajukan pertanyaan pada saat diskusi yang melibatkan seluruh kelas. Peningkatan interaksi belajar siswa juga terlihat dari meningkatnya rata-rata persentase skor interaksi siswa pada siklus I dan siklus II. Penerapan pembelajaran Cooperative Script juga meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran akuntansi. Siswa terdorong dan berusaha untuk lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran akuntansi. Selain itu Peningkatan motivasi belajar siswa juga terlihat dengan meningkatnya persentase skor angket motivasi belajar siswa secara umum dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru harus lebih memperhatikan aspek pengelolaan waktu dan memantau kegiatan siswa terutama pada saat siswa berpasangan karena beberapa siswa suka memanfaatkan kegiatan ini untuk mengobrol sendiri di luar topik yang dipelajari. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36038

Actions (login required)

View Item View Item