Fitriyanti, Deinul (2024) Pengembangan media flexi card berbasis kooperatif teams games tournament (tgt) untuk melatih keterampilan fleksibilitas dan hasil belajar materi aliran energi pada siswa kelas x sman 1 lawang / Deinul Fitriyanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan fleksibilitas merupakan keterampilan memperoleh informasi untuk memecahkan masalah dengan alternatif solusi yang efektif. Berdasarkan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Lawang menggunakan lembar observasi keterampilan fleksibilitas mendapatkan skor 1 83 dari skor maksimal 4 yang dapat dikategorikan novice. Keterampilan fleksibilitas yang rendah berpengaruh terhadap kurang mampunya siswa untuk beradaptasi di lingkungannya sehingga berpengaruh dengan hasil belajarnya. Hasil belajar sendiri merupakan kompetensi yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Berdasarkan penelitian pendahuluan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa didapatkan rerata nilai 50 5 yang dapat dikategorikan kurang baik. Maka dari itu dikembangkan media permainan berupa kartu pertanyaan bernomor bernama ldquo flexi card rdquo yang berbasis model pembelajaran kooperatif TGT bertujuan melatih keterampilan fleksibilitas dan hasil belajar siswa dan menguji keefektifannya. Pembelajaran dengan memanfaatkan media games mampu meningkatkan minat siswa ketika minat siswa tinggi maka hasil belajar akan meningkat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze design develop implement dan evaluate. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental menggunakan desain one group prettest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas X di SMAN 1 Lawang Jawa Timur ndash Indonesia .Penelitian pengembangan ini akan mengembangkan media pembelajaran bernama flexi card berbasis kooperatif Teams Games Tournament (TGT) buku panduan flexi card modul ajar dan LKPD yang terintegrasi dengan kartu flexi card berbasis kooperatif TGT lembar observasi keterampilan fleksibilitas dan tes hasil belajar siswa. Nilai pretest keterampilan fleksibilitas dan hasil belajar siswa adalah 1 83 (Novice) dan 50 5 (Kurang baik) serta nilai posttest 3 2 (Proficient) dan 80 (Cukup baik). Validasi pada penelitian pengembangan ini dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah. Hasil validasi flexi card oleh ahli materi berupa kesesuaian dan keakuratan materi pada flexi card sebesar 100%. Hasil validasi flexi card oleh ahli media berupa tampilan dan fitur sebesar 99%. Hasil validasi flexi card oleh praktisi pendidikan biologi sebesar 99%. Uji kepraktisan pada penelitian pengembangan ini terdiri atas 4 tahap yaitu uji coba perorangan uji coba kelompok kecil uji coba lapangan dan conduct pilot test. Rerata uji kepraktisan mendapatkan hasil sebesar 91%. Berdasarkan hasil validasi dan uji kepraktisan media flexi card memiliki kriteria sangat valid sangat efektif sangat tuntas atau dapat digunakan dengan perbaikan. Hasil uji paired sample t test mendapatkan hasil adanya perbedaan cenderung tinggi terhadap keterampilan fleksibilitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan media flexi card berbasis kooperatif TGT. Uji keefektifan menggunakan N-Gain dengan skor rata-rata untuk keterampilan fleksibilitas adalah 0 6 yang dapat dikategorikan sedang cenderung tinggi dan hasil belajar 0 46 adalah yang dapat dikategorikan sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/360353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |