Analisis terhadap kelayakan investasi penambahan mesin pada perusahaan textiel Kasrie" Pandaan <BR>oleh Ery Widyastuti" - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis terhadap kelayakan investasi penambahan mesin pada perusahaan textiel Kasrie" Pandaan <BR>oleh Ery Widyastuti"

Widyastuti, Ery (2000) Analisis terhadap kelayakan investasi penambahan mesin pada perusahaan textiel Kasrie" Pandaan <BR>oleh Ery Widyastuti". Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan Textiel Kasrie Pandaan merupakan perusahaan yang memproduksi handuk jenis Bath towel Face towel dan Beach towel dimana jumlah permintaan pasar terhadap produk handuk Kasrie ini lebih besar dibandingkan denganju mlah produk yang dihasilkano leh perusahaans ehinggap erusahaanT extiel Kasrie ini kehilangan kesempatan didalam memanfaatkan peluang pasar. Hal ini dikarenakanp ada saati ni mesin perusahaans udatrb ekerja padak apasitasp enuhd an tidak dapat untuk meningkatkanj umlah produksi yang ada sekararrg.B erdasarkan atas hal tersebut maka perusahaan mengadakan pengembangan usaha dengan menambah jumlah mesin agar kapasitas mesin yang ada nantinya dapat meningkatkan produksi dan dapat memenuhi jumlah permintaan pasar yang akan datang. Jumlah mesin yang akan ditambaho leh perusahaans ebanyak1 99 mesin dengaqjr unlah investassi ebesaRr p 3.926.000.000.1nvesttaesrsi ebuot leh perusahaan dibelanjai dari modal sendiri dan modal pinjaman dari BRI dengan tingkat bunga 18 5%p er tahun.S edangkapna jak penghasilanya ng dikenakan30%d an COC yang dihasilkan 15% sertam etoded epresiasyi ang dipakai adalahm etodeg aris lurus. Rancangan penelitian yang digunakan disini adalah deskriptif eksploratif sedangkanp opulasinyaa dalahs emuad atay ang ada dalam perusahaand an sampelnya meliputi data-dataa kuntansi5 tahun antara 1993-1997U. ntuk jenis dan metode pengumpulan data digunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Dan analisisd atanyam enggunakatne hnikc apitalb udget. Analisis yang digunakanu ntuk menentukank elayakani nvestasii ni dilihat dari aspek tehnis dan aspek finansial. Pada aspek tehnis ditinjau dari letak dan layout mesin serta penggadaanm esin sudah dapat dikatakan layak untuk investasi penambahanm esin sedangkanp ada aspekf inansial a nalisisy ang dipakai adalah tehnik capital budget dan dari hasil tersebut diketahui untuk Payback Period 2 tahun I bulan ARR 83% dan l 7o/o N PV positif Rp 7.001.515.570IR R 0 58 dan profitability Index 2 78. Berdasarkanh asil tersebut d ilihat dari aspekf inansial maka rencanai nvestasip enambatranm esin layak untuk dilaksanakan.s elain itu di tunjang dengank eadaank euanganp erusahaanya ngb aik. Hal-hal yang perlu diperhatikan pihak perusahaan adalah kondisi perekonomian lndonesia selama masa investasi sehingga bila terjadi perubahan pihak perusahaand apat secepatnyam encari pemecahannyaH. al lain yang perlu diperhatikan selain aspek tehnis dan aspek finansial adalah aspek sosial aspek ekonomis aspek managerial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2000 04:29
Last Modified: 09 Sep 2000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36030

Actions (login required)

View Item View Item