Persepsi dan sikap guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri dan swasta se-kecamatan Lawang / Paschalis Yudha Batara - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan sikap guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri dan swasta se-kecamatan Lawang / Paschalis Yudha Batara

Batara, Paschalis Yudha (2014) Persepsi dan sikap guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri dan swasta se-kecamatan Lawang / Paschalis Yudha Batara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Batara Paschalis Yudha. 2014. Sikap dan Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri dan Swasta se-Kecamatan Lawang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Huda A. Y. M.Pd (II) Teguh Triwiyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Sikap Persepsi Kurikulum 2013 Kualitas kehidupan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Pembaharuan pendidikan di segala bidang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Untuk mencapai itu pendidikan harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Tuntutan dunia global yang terus menerus berubah mendorong pemberlakuan pendekatan Kurikulum 2013. Guru yang paling tahu mengenai perkembangan peserta didik perbedaan perorangan (individual) siswa daya serap suasana kegiatan pembelajaran serta sarana dan sumber yang tersedia. Persepsi setiap guru berbeda sehingga berpengaruh terhadap sikap yang dimiliki dalam menerima kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013 dan siap atau tidaknya guru terhadap kurikulum baru tersebut terlihat dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu (a) untuk mengetahui sikap guru dalam merespon pemberlakuan kurikulum 2013 (b) untuk mengetahui persepsi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 (c) untuk mengetahui sikap dan persepsi guru pria dan guru wanita dalam menanggapi pemberlakuan Kurikulum 2013 dan (d) untuk mengetahui sikap dan persepsi guru senior dan yunior dalam menanggapi peelaksanaan Kurikulum 2013. Subjek penelitian ini yaitu guru SMA Negeri dan Swasta se-Kecamatan Lawang. Lokasi penelitian di SMA Negeri dan Swasta se-Kecamatan Lawang penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu guru SMA Negeri dan Swasta se-Kecamatan Lawang yang berjumlah 149 orang sampel penelitian berjumlah 78 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan atau purposive sample. Sampel bertujuan dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu dikarenakan Kurikulum 2013 masih diterapkan pada kelas X (sepuluh). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Untuk uji validitas menggunakan statistic korelasi product moment dan reliabilitas digunakan rumus alpha cronbach. Analisis yang digunakan dalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMA Negeri dan Swasta se-Kecamatan Lawang yaitu (a) sikap guru terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 termasuk dalam kategori setuju (b) persepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 termasuk dalam kategori baik (c) sikap dan persepsi guru laki-laki perempuan senior dan yunior termasuk dalam kategori setuju (d) persepsi guru laki-laki perempuan senior dan yunior termasuk dalam kategori baik. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara sikap dan persepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri dan Swasta se-Kecamatan Lawang. 12288 12288 12288 12288 Saran penelitian ini yaitu (a) kepala sekolah diharapkan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kurikulum di sekolah mulai dari pelaksanaan hingga evaluasi (b) guru disarankan lebih meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas profesional guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 (c) untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Malang diharapkan menjadi masukan dalam menerapkan Kurikulum 2013 dan (d) untuk peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan ilmu manajemen pendidikan dan sebagai bahan referensi dalam penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3603

Actions (login required)

View Item View Item