Pengaruh penerapan model pembelajaran akuntansi berbasis game edukatif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kjelas XI IPS MAN II Batu / Farid Firmansya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran akuntansi berbasis game edukatif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kjelas XI IPS MAN II Batu / Farid Firmansya

Farid (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran akuntansi berbasis game edukatif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kjelas XI IPS MAN II Batu / Farid Firmansya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firmansya Farid. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Akuntansi Berbasis Game Edukatif Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Batu . Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Pembimbing (2) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc. Kata kunci Model Pembelajaran Akuntansi Berbasis Game Edukatif Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Dalam proses belajar mengajar guru berperan penting dalam proses menciptakan pembelajaran yang efektif. Guru harus menggunakan metode/model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran berbasis game eduaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis game eduaktif terhadap motivasi dan prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 2 Batu. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional) dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen (pembelajaran akuntansi berbasis game edukatif). Dan analisis dalam penelitian ini menngunakan Uji T Independent. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda yang ditunjukkan dengan nilai gainscore motivasi belajar dengan signifikasi sebesar 0 000 0 05. Demikian juga dengan hasil analisis uji T yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0 000 0 05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran akuntansi berbasis game edukatif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Saran yang diajukan peneliti adalah (1) guru dapat menggunakan model-model pembelajaran ini dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa (2) Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk memperbaiki sistem pembelajaran agar terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta dapat membuat motivasi dan prestasi belajar siswa menjadi lebih baik. Selain itu sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai karena model pembelajaran akuntansi berbasis game edukatif ini tidak hanya dapat dilakukan didalam kelas saja namun juga dapat dilakukan diluar kelas. (3) Peneliti selanjutnya diharapkan mengukur motivasi belajar siswa tidak hanya dengan angket namun dikombinasikan dengan teknik wawancara dan observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36029

Actions (login required)

View Item View Item