Analisis expenditure peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri Kota Kediri / Landung Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis expenditure peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri Kota Kediri / Landung Jatmiko

Jatmiko, Landung (2014) Analisis expenditure peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri Kota Kediri / Landung Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jatmiko Landung. 2014. Analisis Expenditure Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Kediri. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Setyadin M.Pd (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si. Kata Kunci analisis expenditure peserta didik 12288 12288 12288 12288 Pendidikan dicanangkan oleh pemerintah semata-mata untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui pendidikan masyarakat akan diberikan keteladanan kemauan dan pengembangan kreativitas dalam proses pembelajaran. Guna mewujudkan tujuan di atas tentu penyelenggaraan pendidikan tidak lepas dari biaya sebagai penunjang pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 mencantumkan bahwa pendanaan pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah pusat pemerintah daerah dan masyarakat . Pernyataan ini mengandung maksud bahwa biaya pendidikan peserta didik selain ditanggung pemerintah juga ditanggung oleh orang tua. Pendanaan pendidikan dari pemerintah dapat berupa subsidi yang diberikan kepada sekolah dan beasiswa sedangkan pendanaan pendidikan dari orang tua digunakan peserta didik misalnya digunakan untuk membeli buku membeli makanan transportasi dan lain-lain. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Besar Biaya Pokok peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Kediri per tahun (2) Besar Biaya Ekstra peserta didik SMKN di Kota Kediri per tahun (3) Besar Living Cost peserta didik SMKN di Kota Kediri per tahun (4) Besar Expenditure peserta didik SMKN di Kota Kediri per tahun dan (5) Perbedaan Expenditure peserta didik berdasarkan kelompok SMKN di Kota Kediri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian menggunakan rancangan deskriptif-komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMKN di Kota Kediri meliputi SMKN 1 (dulu STM) SMKN 2 (dulu SMEA) dan SMKN 3 (dulu SMKK). Jumlah populasi sebanyak 4523 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan Rumus Sample Size Formula Slovin sehingga didapatkan sampel sebanyak 400 peserta didik. Subjek penelitian ini berjenjang mulai peserta didik Kelas X/Angkatan 2013 Kelas XI/Angkatan 2012 dan Kelas XII/Angkatan 2011. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-komparatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Biaya Pokok peserta didik SMKN di Kota Kediri termasuk kategori sedang (2) Biaya Ekstra peserta didik SMKN di Kota Kediri termasuk kategori rendah (3) Living Cost peserta didik SMKN di Kota Kediri termasuk kategori rendah. (4) Biaya Expenditure peserta didik SMKN di Kota Kediri termasuk kategori rendah dan (5) Ada perbedaan expenditure yang signifikan antara SMKN di Kota Kediri berdasarkan kelompok sekolah. 12288 12288 12288 12288 Implikasi hasil penelitian sebagai berikut (1) Diketahui bahwa rata-rata biaya pokok per tahun peserta didik SMKN 3 Kediri lebih kecil dibandingkan SMKN 1 Kediri dan SMKN 2 Kediri. Sebaiknya Kepala SMKN 1 Kediri dan SMKN 2 Kediri dapat mengupayakan untuk menekan uang pembangunan yang masih relatif tinggi sehingga biaya pokok dapat diminimalisir (2) Diketahui bahwa rata-rata biaya ekstra per tahun peserta didik SMKN Kota Kediri pada masing-masing SMKN relatif hampir sama hal ini disebabkan adanya kebutuhan penunjang pendidikan antar peserta didik pada masing-masing SMKN tidak jauh berbeda sehingga rata-rata pengeluaran biaya ekstra peserta didik masih dalam tahap wajar sehingga perlu dipertahankan supaya biaya ekstra tidak naik (3) Diketahui bahwa rata-rata living cost per tahun peserta didik SMKN Kota Kediri sangat besar dibandingkan rata-rata pengeluaran biaya pokok dan biaya ekstra. Berdasarkan hal ini sebaiknya peserta didik atau orang tua lebih menekan pengeluaran living cost sehingga alokasi dana living cost dapat dihemat (4) Diketahui bahwa rata-rata expenditure per tahun peserta didik SMKN Kota Kediri tidak sedikit. Hal ini terutama diakibatkan besarnya rata-rata living cost peserta didik. Jika usaha penghematan terhadap pengeluaran living cost masih dirasa kurang mampu menekan pengeluaran maka peserta didik dapat melakukan hobi yang dapat menghasilkan pemasukan (5) Diketahui meskipun SMKN 3 Kediri dengan pengeluaran rata-rata biaya pokok terkecil namun expenditure SMKN 3 Kediri adalah yang terbesar. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan antara pengeluaran biaya pokok dan living cost. Sebaiknya peserta didik menghindari hidup konsumtif. Jika biaya pokok biaya ekstra dan living cost dapat ditekan maka biaya expenditure menjadi lebih rendah. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan implikasi hasil penelitian di atas dapat dikemukakan saran untuk (1) Orang tua peserta didik SMKN di Kota Kediri sebaiknya lebih selektif memberikan uang jajan atau biaya belanja sehingga anak lebih kritis dalam menggunakan uang dengan demikian expenditure dapat ditekan seminimal mungkin (2) Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri sebaiknya hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan terkait pembiayaan pendidikan khususnya SMKN di Kota Kediri berdasarkan kelompok sekolah (3) Kepala SMKN di Kota Kediri sebaiknya kepala sekolah berupaya untuk terus menekan besarnya biaya pembangunan sehingga expenditure dapat diminimalisir dah hasil penelitian dapat digunakan sebagai pertimbangan penetapan biaya pendidikan dan pemberian subsidi pendidikan berdasarkan kemampuan finansial orang tua peserta didik (4) Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat merekomendasikan atau mengusulkan mahasiswa untuk meneliti tentang unit cost peserta didik SMKN sehingga besarnya biaya pendidikan khususnya biaya pokok dapat dikuak lebih detail dan (5) Bagi Peneliti Lain sebaiknya melakukan penelitian terkait mengenai analisis pengaruh living cost peserta didik SMKN terhadap proses pendidikan karena pada penelitian ini living cost menjadi pengeluaran terbesar dalam expenditure sehingga pengaruh living cost terhadap proses pendidikan dapat diungkap secara detail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item View Item