Studi komparasi hasi belajar model Stad antara penggunaan komputer dan LKS pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk / Ria Yunita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi hasi belajar model Stad antara penggunaan komputer dan LKS pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk / Ria Yunita Sari

Sari, Ria Yunita (2010) Studi komparasi hasi belajar model Stad antara penggunaan komputer dan LKS pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk / Ria Yunita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dicapai oleh guru tidak lepas dari strategi atau metode pembelajaran yang digunakan. Kepandaian guru dalam menentukan metode pembelajaran berdampak positif dalam peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah cooperative learning model STAD. Cooperative learning model STAD merupakan pendekatan cooperative learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju menuntut pendidik untuk mengajarkan teknologi yang sedang berkembang kepada siswanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya mata pelajaran baru yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan masuknya pelajaran TIK dalam kurikulum baru maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Pada pembelajaran TIK sangat diperlukan adanya praktek secara langsung (praktikum dengan menggunakan komputer) untuk memberi pengalaman secara nyata kepada siswa tentang materi yang dipelajari bukan hanya mempelajari dan mengerjakan LKS saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model STAD antara penggunaan komputer dan LKS pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasi experiment). Eksperimen semu digunakan karena peneliti tidak dapat melakukan kontrol terhadap seluruh variabel yang diduga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Untreated control group design with pretest and posttest . Pada penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan yaitu pembelajaran model STAD dengan praktek langsung menggunakan komputer sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran model STAD dengan mengerjakan LKS. Berdasarkan perhitungan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t didapat mean kelas eksperimen sebesar 71 625 dan standar deviasi sebesar 2394 375 sedangkan mean kelas kontrol sebesar 64 875 dan standar deviasi sebesar 2699 375 sehingga di dapat hasil thitung ttabel yaitu 3 597 2 00 pada signifikan 0 05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar model STAD antara penggunaan komputer dan LKS pada pelajaran TIK di kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Selain itu adanya peningkatan nilai rata-rata pre tes dan post tes kelompok eksperimen yaitu pada pre tes sebesar 48 75 pada post tes meningkat menjadi 71 625. Jadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada kelompok eksperimen sebesar 22 875. Sedangkan nilai rata-rata pre tes dan post tes pada kelompok kontrol yaitu pada pre tes sebesar 48 50 dan post tes meningkat menjadi 64 875. Jadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada kelompok kontrol sebesar 16 375. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa ada perbedaan hasil belajar model STAD antara penggunaan komputer dan LKS pada pelajaran TIKdi kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Metode cooperative learning model STAD praktek langsung menggunakan komputer secara signifikan lebih baik perolehan hasil belajar dibandingkan dengan metode cooperative learning model STAD dengan mengerjakan LKS. Oleh sebab itu metode cooperative learning model STAD dengan praktek langsung menggunakan komputer penting untuk diterapkan dalam pembelajaran TIK sebagai upaya untuk mencapai hasil belajar yang memadai. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru untuk menerapkan metode cooperative learning model STAD dengan menggunakan komputer sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa guna memperbaiki mutu pembelajaran TIK SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item