Robiyanto, Bramasta Vicky (2024) Pengaruh musik Low-Fidelity (Lo-Fi) terhadap konsentrasi belajar siswa Kelas VIII-1 SMPN 14 Malang / Bramasta Vicky Robiyanto</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsentrasi belajar pada lingkungan sekolah merupakan aspek penting dalam ketercapainya proses pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini memakai musik Lo-Fi sebagai variabel untuk mengukur hubungan antara musik Lo-Fi dengan tingkat konsentrasi belajar siswa. Musik Lo-Fi merupakan jenis musik instrumental yang memiliki ciri khas suasana yang tenang dengan efek suara alam yang dapat mengubah kondisi suasana hati seseorang menjadi lebih tenang. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas VIII SMPN 14 Malang dengan mata pelajaran seni budaya (seni musik) menggunakan materi unit 2 yaitu alat musik tradisional. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh musik Lo-Fi terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-Experimental desain penelitian The Static Group Comparison Design. Pada analisis data menunjukan bahwa hasil uji Hipotesis Product Moment memiliki nilai signifikasi sebesar 0 00 lt 0 05 yang berarti hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Diperoleh juga nilai koefisien korelasi bernilai positif (0 743). Serta pada nilai rata-rata post-test kelas ekperimen sebesar 78 18 lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 69 39. Sehingga dapat disimpulkan bahwa musik Lo-FI memiliki pengaruh positif terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII-1 SMPN 14 Malang. Saran untuk penelitian selanjutnya agar lebih memperhatikan gaya belajar pada setiap siswa yang menjadi sampel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/359803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |