Hubungan partisipasi dalam kelompok kerja kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala SD Negeri di Kota Malang / Imam Suryadi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan partisipasi dalam kelompok kerja kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala SD Negeri di Kota Malang / Imam Suryadi Nugraha

Nugraha, Imam Suryadi (2014) Hubungan partisipasi dalam kelompok kerja kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala SD Negeri di Kota Malang / Imam Suryadi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugraha Imam Suryadi. 2014. Hubungan Partisipasi dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala SD Negeri di Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. Kata kunci partisipasi kompetensi manajerial kelompok kerja kepala sekolah 12288 12288 12288 12288 Sekolah adalah suatu instansi atau lembaga formal dalam pembentukan dan pengembangan generasi bangsa masyarakat dan individu yang dapat menjawab tantangan zaman melalui pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola suatu instansi pendidikan secara profesional. Kepala sekolah memiliki tanggungjawab besar dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan. Selain itu kepala sekolah harus mampu menghadapi tantangan besar yang didorong oleh cepatnya perubahan dalam bidang pendidikan berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Kompetensi kepala sekolah berkaitan dengan derajat kemampuan keterampilan dan tindakan cerdas yang dimiliki oleh kepala sekolah agar efektif melaksanakan tugas-tugas dan tanggungjawab di sekolah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi tersebut adalah partisipasi dalam suatu learning organization (organisasi pembelajaran). Partisipasi merupakan suatu bentuk keterlibatan seseorang dalam suatu kegiatan tanpa ada tekanan dan bersifat sukarela. Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) merupakan salah satu implementasi dari organisasi pembelajaran karena kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dan bersama-sama memiliki komitmen untuk maju bersama dalam menghadapi perubahan dan tantangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat partisipasi Kepala SD Negeri dalam KKKS di Kota Malang (2) mengetahui kompetensi manajerial Kepala SD Negeri di Kota Malang serta (3) menemukan ada atau tidaknya hubungan partisipasi dalam KKKS dan kompetensi manajerial Kepala SD Negeri di Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala SD Negeri di Kota Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportional random sampling dengan total responden sebanyak 195 Kepala SD Negeri di Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 127 Kepala SD Negeri di Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan korelasi. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tingkat partisipasi Kepala SD Negeri di Kota Malang termasuk dalam kategori tinggi yang meliputi frekuensi mengikuti kegiatan KKKS intensitas mengikuti kegiatan KKKS kedudukan dalam KKKS yang dilihat berdasarkan faktor pendorong baik kepentingan solidaritas tujuan yang sama maupun keaktifan dalam berorganisasi. Selain itu ditinjau dari bentuk partisipasi baik dalam bentuk uang harta benda tenaga keterampilan maupun pikiran dalam mengikuti kegiatan KKKS di SD Negeri di Kota Malang (2) tingkat kompetensi manajerial Kepala SD Negeri di Kota Malang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kompetensi manajerial yang dimiliki oleh kepala sekolah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yang meliputi penyusunan rencana sekolah pengorganisasian sekolah kepemimpinan sekolah penciptaan budaya dan iklim sekolah yang kondusif manajemen perubahan di sekolah manajemen SDM sekolah manajemen sarana dan prasarana sekolah manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat manajemen kesiswaan manajemen kurikulum dan pembelajaran serta manajemen keuangan sekolah dan (3) ada hubungan partisipasi dalam KKKS dan kompetensi manajerial Kepala SD Negeri di Kota Malang. Hal ini berarti bahwa apabila Kepala SD Negeri di Kota Malang yang berpartisipasi dalam berbagai program kegiatan KKKS semakin intensif maka tingkat kompetensi manajerial kepala sekolah akan semakin tinggi. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan adalah kepada (1) Kepala SD Negeri di Kota Malang diharapkan dapat melaksanakan program kegiatan KKKS yang lebih bervariatif dan dapat memprioritaskan program kegiatan memiliki visi yang jelas dalam meningkatkan kemampuan profesional secara terus-menerus dan mampu menghadapi perubahan dalam proses pencapaian tujuan bersama yang ada di sekolah. Partisipasi Kepala SD Negeri di Kota Malang lebih ditingkatkan lagi agar memberikan kontribusi baik berupa keterampilan saran maupun pendapat pada setiap kegiatan KKKS (2) Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Dasar diharapkan tetap melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait kinerja KKKS serta terus menjaga keberlangsungan program kegiatan KKKS baik secara kualitas maupun kuantitas mengingat pentingnya pelaksanaan KKKS untuk meningkatkan mutu pembinaan profesional kepala sekolah terutama dalam upaya meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah (3) Ketua Jurusan dan para Dosen Administrasi Pendidikan diharapkan tidak hanya sebagai bahan bacaan yang dapat dijadikan referensi melainkan juga sebagai bahan acuan untuk penelitian yang sejenis di masa yang akan datang. Selain itu sebagai bahan pengembangan matakuliah manajemen pendidikan khususnya dalam matakuliah supervisi pendidikan sehingga mahasiswa mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki dan dapat diterapkan dalam dunia kerja (4) peneliti lain diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujukan untuk mengadakan penelitian yang lebih mendalam tentang faktor lain yang dapat mempengaruhi kompetensi manajerial kepala sekolah dan sebagai bahan perbandingan antara teori dan kenyataan di lapangan. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian tentang pembelajaran organisasional dan kompetensi manajerial kepala sekolah tentunya dengan menggunakan teknik dan instrumen yang lebih baik dan sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item