Pelayanan informasi dan konsultasi di klinik pendidikan dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur /Ida Rowiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelayanan informasi dan konsultasi di klinik pendidikan dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur /Ida Rowiyati

Rowiyati, Ida (2014) Pelayanan informasi dan konsultasi di klinik pendidikan dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur /Ida Rowiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rowiyati Ida. 2014. Pelayanan Informasi dan Konsultasi di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd (2) Prof. Dr. Hj Nurul Ulfatin M.Pd. Kata Kunci Pelayanan informasi dan konsultasi Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur 12288 12288 12288 12288 Klinik Pendidikan merupakan media layanan informasi dan konsultasi pendidikan yang digunakan untuk memberikan informasi dan konsultasi tentang pendidikan. Klinik Pendidikan dapat dijadikan sumber informasi oleh masyarakat yang membutuhkan informasi dan konsultasi tentang pendidikan. Masyarakat dapat memperoleh informasi dan konsultasi pendidikan melalui media internet yang sudah disediakan oleh Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini memiliki lima fokus penelitian yang dikaji yaitu (1) profil Klinik Pendidikan (2) bentuk pelayanan informasi dan konsultasi pendidikan di Klinik Pendidikan (3) proses pelayanan informasi dan konsultasi pendidikan di Klinik Pendidikan (4) peran pengelola informasi dan dokumentasi dalam meningkatkan pelayanan di Klinik Pendidikan (5) Faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan pelayanan di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tujuan untuk mempelajari dan mengetahui lebih mendalam mengenai media layanan informasi dan konsultasi di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sehingga peneliti dapat mendeskripsikan secara rinci dan sistematis tentang butir-butir dari fokus penelitian. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen penelitian dan peneliti memilih Sekretaris Admin Klinik Pendidikan sebagai informan kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti memilih data yang sesuai dengan fokus kemudian dilanjutkan dengan memaparkan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan meningkatkan ketekunan dengan tujuan agar data yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut. Pertama Klinik Pendidikan merupakan media layanan informasi pendidikan yang digunakan untuk memberikan informasi pendidikan. Latar belakang didirikannya Klinik Pendidikan karena terjadi kesenjangan antara masyarakat pengguna layanan dan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Tujuan didirikannya Klinik Pendidikan yaitu untuk menekan kesenjangan yang terjadi antara masyarakat dan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi serta memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi atau mengkonsultasikan masalah apapun yang berkaitan dengan pendidikan. 12288 12288 12288 12288 Kedua Pelayanan informasi dan konsultasi di Klinik Pendidikan menggunakan delapan bentuk pelayanan yaitu ruangan konsultasi Telp/Fax SMS BBM Website E-mail Facebook dan Twitter. Adapun masalah pendidikan yang biasa dikonsultasikan yaitu mutasi siswa jadwal penerimaan peserta didik baru di wilayah Jawa Timur sertifikasi guru kenakalan remaja/konsultasi pendidikan beasiswa guru/siswa penyetaraan/legalisir ijazah ijazah rusak/hilang/legalisir/format pungutan biaya pendidikan dan lain-lain. 12288 12288 12288 12288 Ketiga Proses pelayanan informasi dan konsultasi di Klinik Pendidikan dilakukan dengan pertama kali pemohon informasi mengajukan permohonan informasi dengan cara mengisi formulir permohonan yang disediakan oleh Admin PPID- Klinik Pendidikan kemudian pengelola memproses permintaan pemohon. Klinik Pendidikan mempunyai dua sistem pelayanan yaitu sistem pelayanan front office dan back office. Keempat peran pengelola dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi dan konsultasi di Klinik Pendidikan dilakukan dengan selalu memberikan pelayanan prima dengan tidak membiarkan pemohon kembali tanpa memperoleh informasi apapun. Pengelola selalu update tentang berita apapun yang berkaitan dengan pendidikan dan mengadakan sosialisasi serta pameran pendidikan di beberpa daerah di Jawa Timur. Kelima Hal-hal yang dapat mendukung pelayanan informasi dan konsultasi di Klinik Pendidikan yaitu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sudah memberikan dukungan secara keseluruhan baik dari sarana dan prasarana maupun pengelola yang berkompeten di bidang media layanan informasi dan konsultasi di Klinik Pendidikan. Kendala yang dihadapi yaitu ketika informasi yang diminta pemohon harus dikonfirmasi terlebih dahulu kepada pihak yang berkompeten sehingga pemohon harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan jawaban. Saran diberikan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur meningkatkan koordinasi tentang pelaksanaan program kerja dengan pengelola Klinik Pendidikan agar Klinik Pendidikan semakin dikenal oleh masyarakat khususnya masyarakat Provinsi Jawa Timur (2) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi-Klinik Pendidikan tetap konsisten dan selalu meningkatkan kualitas Klinik Pendidikan dengan selalu update tentang informasi pendidikan dan mengelola media layanan dengan maksimal (3) Masyarakat Pengguna Layanan Informasi dan Konsultasi selalu meningkatkan wawasan dengan meminta informasi atau konsultasi tentang masalah pendidikan melalui Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk memperoleh informasi yang valid (4) Ketua Dosen dan Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai referensi untuk perkembangan ilmu dan kajian akademik di Jurusan Administrasi Pendidikan khususnya untuk mata kuliah Manajemen Hubungan Masyarakat (5) Peneliti Lain Penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi dan pembanding untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item View Item