Persepsi dan ekspektasi peserta didik, wali peserta didik, pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung / Dewi Destriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan ekspektasi peserta didik, wali peserta didik, pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung / Dewi Destriani

Destriani, Dewi (2014) Persepsi dan ekspektasi peserta didik, wali peserta didik, pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung / Dewi Destriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Destriani Dewi. 2014. Persepsi dan Ekspektasi Peserta Didik Wali Peserta Didik Pendidik terhadap Layanan Transportasi Sekolah di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M. Pd (II) Prof. Dr. H. M. Huda A.Y. M. Pd. Kata Kunci persepsi ekspektasi layanan transportasi sekolah 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan salah satu cara bagi setiap manusia untuk meningkatkan kualitas diri. Melalui pendidikan yang dimiliki akan menambah pengetahuan keterampilan dan wawasan pada diri orang tersebut.Untuk itu banyak peserta didik yang berada di daerah desa atau pelosok untuk memilih sekolah di kota dengan alasan mereka memilih sekolah yang berkualitas. Namun tidak jarang peserta didik yang mengalami kesulitan untuk pergi ke sekolah dikarenakan jauhnya jarak sekolah dan juga terbatasnya transportasi yang digunakan baik ke dan dari sekolah. Pemecahan masalah tersebut memerlukan layanan transportasi yang dapat membantu peserta didik pulang maupun pergi ke sekolah dengan tepat waktu. PemerintahTulungagung ( Pemkab) mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan bus sekolah. Bus sekolah ini merupakan fasilitas publik yang gratis dan disediakan bagi peserta didik di Kabupaten Tulungagung. Bus sekolah yang disediakan oleh Pemkab Tulungagung ini dikelola oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah persepsi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung (2) seberapa tinggi tingkat ekspektasi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung (3) apakah ada perbedaan persepsi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung dan (4) apakah ada perbedaan ekspektasi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung (2) mengetahui tingkat ekspektasi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung (3) untuk menemukan perbedaan persepsi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung dan (4) untuk menemukan perbedaan ekspektasi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMP/ MTs dan SMA/ SMK/ MA yang menggunakan layanana transportasi sekolah yang berjumlah 218 wali peserta didik pengguna layanan transportasi sekolah yang berjumlah 218 dan juga pendidik dari pengguna layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 656. Sedangkan untuk menentukan besarnya sampel penelitian digunakan Nomogram Herry King dengan menggunakan taraf kesalahan 5% dan diperoleh sampel penelitian berjumlah 134 untuk perserta didik 134 untuk wali peserta didik dan 227 untuk pendidik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Area Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dan analisis varians. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap layanan transportasi sekolah pada kualifikasi sangat tinggi 5 22% tinggi 72 39% sedang 21 64% dan rendah 0 75%. Persepsi wali peserta didik terhadap layanan transportasi sekolah pada kualifikasi sangat tinggi 5 97% tinggi 68 66% sedang 23 88% dan rendah 1 49%. Persepsi pendidik terhadap layanan transportasi pada kualifikasi sangat tinggi 17 62% tinggi 60 35% sedang 20 70% dan rendah 1 49%. Sedangkan ekspektasi peserta didik terhadap layanan transportasi sekolah pada kualifikasi sangat tinggi 57 46% tinggi 32 09% sedang 8 96% dan rendah 1 49%. Ekspektasi wali peserta didik terhadap layanan transportasi sekolah pada kualifikasi sangat tinggi 55 97% tinggi 41 79% dan sedang 2 24%. Ekspektasi pendidik terhadap layanan transportasi sekolah pada kualifikasi sangat tinggi 66 96% tinggi 23 79% dan sedang 9 25%. Selain itu berdasarkan penelitian nilai signifikansi pada persepsi dan ekspektasi peserta didik wali peserta didik dan pendidik menunjukkan angka 0 000 dimana nilai tersebut P 0 05. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung berada pada kualifikasi tinggi (2) Ekspektasi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung berada pada kualifikasi sangat tinggi (3) Terdapat perbedaan persepsi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung dan (4) Terdapat perbedaan ekspektasi peserta didik wali peserta didik dan pendidik terhadap layanan transportasi sekolah di Kabupaten Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan kepada (1) Bagi Bupati Kabupaten Tulungagung hendaknya meningkatkan layanan transportasi sekolah (2) Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tulungagung hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan layanan transportasi sekolah (3) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung hendaknya menjalin kerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan (4) Peserta Didik dan Wali Peserta Didik Kabupaten Tulungagung hendaknya lebih mengkomunikasikan keinginannya kepada pengelola layanan transportasi sekolah guna mendukung dan terciptanya layanan transportasi sekolah yang lebih baik (5) Kepala Sekolah dan Pendidik di Kabupaten Tulungagung hendaknya dapat mengupayakan untuk menghimbau para peserta didik khususnya SMP/ MTs dan SMA/ SMK/ MA yang menggunakan motor ke sekolah untuk beralih menggunakan bus sekolah dan (6) Peneliti Lain untuk melanjutkan penelitian yang sejenis dengan menggunakan metode penelitian kualitatif baik di lokasi yang sama maupun yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3594

Actions (login required)

View Item View Item