Safitri, Ike Karunia (2023) Pengaruh pengetahuan fungsi sintaksis terhadap kemampuan menulis kalimat efektif dalam teks proposal siswa Kelas XI SMAS Brawijaya Smart school / Ike Karunia Safitri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menulis merupakan kegiatan menyampaikan informasi tertulis kepada pembaca dengan menggunakan bahasa tulis sebagai medianya. Agar informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca maka karangan harus menggunakan kalimat efektif. Kalimat dapat dikatakan efektif apabila memenuhi beberapa persyaratan salah satunya adalah persyaratan gramatikal. Maksudnya kalimat harus disusun berdasarkan kaidah yang ada seperti unsur-unsur penting (subjek dan predikat) memerhatikan ejaan serta memilih diksi yang tepat. Selain itu Selain itu keterkaitan antara kalimat efektif dan fungsi sintaksis dapat dilihat dari beberapa ciri kalimat efektif yang berbungungan dengan pengulangan peletakan dan susunan fungsi sintaksis kalimat. Ciri tersebut adalah kelengkapan kesatuan kepaduan dan kehematan. Meskipun ada keterkaitan pasti antara fungsi sintaksis dan kalimat efektif tetapi perlu dibuktikan adakah pengaruh pengetahuan fungsi sintaksis terhadap kemampuan menulis kalimat efektif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) dikembangkan dari penelitian eksperimen sebenarnya (true eksperimental research) yang tidak memungkinkan untuk mengontrol atau memanipulasi seluruh variabel yang relevan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Dalam desain ini kelompok kontrol dan kelompok eskperimen dibandingkan. Kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan perlakuan yang berbeda. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas XI-1 XI-2 XI-3 Xi-4 XI-5 dan X-6 dengan jumlah siswa keseluruhan yaitu 156 siswa. Pemilihan sampel penelitian tidak dilakukan secara acak melainkan menggunakan metode purposive sampling. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang mengambil sampel berdasarkan tujuan penyelidikan. Kelas XI-4 dengan total 25 siswa berfungsi sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI-6 dengan total 25 siswa berfungsi sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik tes berupa posttest menulis latar belakang proposal penelitian. Sebelum tes dilaksanakan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan tambahan berupa materi fungsi sintaksis untuk membentuk pengetahuan siswa sedangkan kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan tambahan. Setelah mendapat perlakuan kedua kelas melaksanakan posttest. Hasil tulisan siswa dianalisis dan diskor sesuai dengan empat indikator penelitian yaitu kelengkapan kesatuan kepaduan dan kehematan. Uji hipotesis penelitian dilakukan dengan uji-t. Temuan menunjukkan bahwa kelas eksperimen rata-rata memiliki nilai yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor rata-rata untuk ketuntasan pada kelompok eksperimen adalah 88 sedangkan skor rata-rata untuk kelompok kontrol adalah 81 16. Skor kesatuan rata-rata kelompok eksperimen adalah 85 24 sedangkan kelompok kontrol adalah 77 04. Kelas eksperimen memiliki skor kohesivitas rata-rata 84 16 sedangkan kelas kontrol memiliki skor kohesi rata-rata 75 88. Skor kesatuan rata-rata kelompok eksperimen adalah 92 44 sedangkan skor ketuntasan rata-rata kelompok kontrol adalah 86 12. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengetahuan fungsi sintaksis terhadap kelengkapan kalimat ada perngaruh yang signifikan pengetahuan fungsi sintaksis terhadap kesatuan kalimat ada pengaruh yang signifikan pengetahuan fungsi sintaksis terhadap kepaduan kalimat dan tidak ada pengaruh yang signifikan pengetahuan fungsi sintaksis terhadap kelengkapan kalimat. Berdasarkan paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan fungsi sintaksis terhadap kemampuan menulis kalimat efektif siswa. Berdasarkan pelaksanaan penelitian dapat diungkapkan beberapa saran yaitu (1) untuk meningkatan keterampilan menulis siswa khususnya menulis kalimat efektif diharapkan kepada guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia agar lebih memperdalam materi kebahasaan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengetahuan kebahasaan siswa berupa fungsi sintaksis terhadap kemampuan menulis kalimat efektif (2) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat efektif maka penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi materi dan metode pembelajaran untuk meningkatakan kemampuan menulis siswa. Oleh karena itu diharapkan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mau mengenalkan fungsi sintaksis kepada siswa (3) siswa diharapkan mau mempelajari dan menerapkan pengetahuan fungsi sintaksis dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga dapat menulis dengan lebih baik dan lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/359379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |