Novitasari, Dian Fitria (2024) Representasi budaya indonesia dalam bahan ajar bipa let’s speak indonesian volume 2 / Dian Fitria Novitasari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pintu utama keberhasilan internasionalisasi bahasa Indonesia yaitu melalui program BIPA. BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) adalah program yang dirancang khusus untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada penutur asing. Penutur asing yang memahami budaya bahasa target dengan baik akan terbantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan bahasa target. Sebagai fondasi dasar dalam proses belajar dan mengajar khususnya pembelajar bahasa kedua buku adalah pengetahuan dasar bagi pembelajar tentang bahasa dan budaya target. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk budaya Indonesia dan teknik penyajian budaya Indonesia dalam buku ajar BIPA Let rsquo s Speak Indonesian 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata frasa kalimat dan gambar yang mencerminkan budaya Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari buku ajar BIPA bernama Let rsquo s Speak Indonesian Volume 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen simak dan catat. Tahapan analisis dilakukan dengan cara (1) peneliti membaca dan memahami isi buku Let rsquo s Speak Indonesian 2 (2) peneliti mengidentifikasi data yang mengandung budaya Indonesia (3) peneliti mencatat data yang didapatkan dalam tabel untuk mempermudah proses pengumpulan data. Hasil penelitian ditemukan representasi budaya Indonesia dalam buku ajar BIPA Let rsquo s Speak Indonesian 2 berbentuk 1) Tradisi Lisan 2) Adat Istiadat 3) Pengetahuan Tradisional 4) Teknologi Tradisional 5) Seni dan 6) Bahasa. Representasi budaya Indonesia tersebut disajikan secara visual dan non-visual yang terdapat dalam awal bab dan sub-bab pelajaran catatan budaya dialog dan latihan. Dengan demikian buku ajar BIPA Let rsquo s Speak Indonesian 2 merepresentasikan budaya Indonesia yang dapat berguna untuk membantu pembelajar BIPA dalam memahami situasi budaya Indonesia melalui penyajian visual dan non-visual. Dari simpulan terdapat beberapa saran yaitu dapat digunakan sebagai bahan pengetahuan dan pengembangan materi ajar BIPA dan buku ajar BIPA yang memuat budaya Indonesia serta dapat mengembangkan adanya penelitian yang berkaitan dengan BIPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/359374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |