Pengelolaan kelas dalam pembelajaran bagi anak terpidana (studi kasus di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Kota Blitar) / Devi Mariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan kelas dalam pembelajaran bagi anak terpidana (studi kasus di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Kota Blitar) / Devi Mariana

Mariana, Devi (2014) Pengelolaan kelas dalam pembelajaran bagi anak terpidana (studi kasus di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Kota Blitar) / Devi Mariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mariana Devi. 2014. Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Bagi Anak Terpidana (Studi Kasus di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Kota Blitar). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M. Pd (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata Kunci Pengelolaan Kelas Pembelajaran Anak Terpidana. Seringkali pengelolaan kelas dianggap sebagai pengaturan ruang kelas padahal yang terpenting adalah pengkondisian kelas pada saat pembelajaran. Keberhasilan belajar peserta didik di kelas disamping dipengaruhi faktor pembelajaran dipengaruhi pula oleh faktor pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas merupakan kegiatan mengatur proses belajar mengajar di kelas agar tercipta suasana belajar yang efektif. Pengelolaan kelas yang tepat yaitu yang dapat merubah tingkah laku anak menjadi lebih baik dalam pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh deskripsi tentang pengelolaan kelas dalam pembelajaran bagi anak terpidana dengan fokus penelitian sebagai berikut (1) karakteristik peserta didik dan pendidik di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Anak (2) kegiatan pengelolaan kelas di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Anak (3) pendekatan dalam pengelolaan kelas di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Anak (4) masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Anak dan (5) upaya dalam menyelesaikan masalah pengelolaan kelas di SD Istimewa 3 Lembaga Pemasyarakatan Anak. Untuk menjawab kelima fokus penelitian tersebut penelitian kualitatif ini dirancang menggunakan studi kasus. Lokasi penelitian di SD Istimewa 3 LPA Blitar. Pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Sedang untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan pengecekan kredibilitas yang pelaksanaannya dilaksanakan dengan triangulasi kecukupan referensial dan pengecekan keanggotaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik peserta didik dan pendidik di SD Istimewa 3 LPA Blitar beragam peserta didik berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur dengan usia dan status pasal yang berbeda jumlah peserta didik di SD Istimewa 3 saat ini yaitu 16 anak pendidik di SD Istimewa 3 LPA Blitar berasal dari petugas LPA sendiri yang masuk pada sub bidang pembinaan dan pendidikan serta pendidik dari luar LPA yaitu guru dari Dinas yang memiliki jam mengajar kurang sehingga mengajar di LPA dan guru bantu dari luar jumlah guru di SD Istimewa 3 terbatas keseluruhan berjumlah 6 orang. Kegiatan pengelolaan kelas di SD Istimewa 3 dilakukan oleh guru diawali dengan mempersiapkan kondisi kelas dan para peserta didik untuk siap menerima pelajaran. Seluruh peserta didik mendapatkan instruksi dari petugas jaga untuk bersiap siap dan berkumpul untuk segera bersekolah dan memasuki kelas masing masing. Setiap peserta didik yang mendapat jadwal piket kelas terlebih dahulu membersihkan kelas dengan menyapu lantai menata bangku dan meja. Metode yang dilakukan oleh guru antara lain ceramah tanya jawab penugasan kelompok dan demonstrasi. Media yang guru gunakan dari fasilitas yang diberikan sekolah seperti buku pelajaran berupa buku paket. Pendekatan yang lebih ditekankan oleh guru adalah pendekatan perubahan tingkah laku Masalah dalam pengelolaan kelas yaitu ruang kelas yang terbatas dikarenakan murid yang jumlahnya sedikit sebagian besar peserta didik malas dan kurang berusaha dalam proses pembelajaran di dalam kelas guru tidak dapat memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada para peserta didik sebab buku tulis dan buku paket pelajaran selalu dikembalikan di ruang guru sarana dan prasarana seperti buku alat peraga yang tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik banyak peserta didik yang tidak aktif di kelas peserta didik kesulitan untuk menyampaikan pendapat. Upaya menyelesaikan masalah pengelolaan kelas yaitu guru mengelola kelas dengan memberi metode ceramah dan diskusi kelas yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik mengemukakan pendapat terhadap masalah yang dihadapi dari setiap materi pelajaran guru bertindak tegas dengan memberi sanksi dan memberi tugas pada peserta didik yang melanggar peraturan Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu (1) Kepala SD Istimewa 3 LPA Blitar hendaknya memberikan bimbingan dalam mengelola pendidik terutama dalam mengelola kelas yaitu selalu menggunakan rancangan pembelajaran sebelum melakuan pembelajaran agar terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien (2) Pendidik SD Istimewa 3 LPA Blitar hendaknya lebih serius dalam mengelola kelas agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Dalam hal ini guru seharusnya menggunakan pendekatan dalam mengelola kelas agar dapat menstabilkan proses belajar dan menjaga efektifitas pembelajaran di kelas (3) Ketua jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya mendorong dan membimbing pendidik dan tenaga kependidikan dalam jurusan Administrasi Pendidikan untuk lebih baik dalam memanajemen kelas agar tujuan setiap matakuliah tercapai (4) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Anak Kota Blitar hendaknya lebih memperhatikan Sub. Binadik yang mengurus masalah pendidikan anak-anak terpidana agar mereka dapat sepenuhnya memperoleh pendidikan terutama memperhatikan pendidik agar lebih baik dalam mengelola kelas di SD Istimewa 3 LPA Blitar (5) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Blitar hendaknya membimbing guru di sekolah-sekolah termasuk SD Istimewa 3 yang terletak di dalam LPA untuk mengembangkan pengelolaan kelas yang baik terutama untuk pembelajaran peserta didik dan (6) Peneliti lain hendaknya melakukan penelitian secara kualitatif atau kuantitatif dan penelitian tindakan terkait dampak pengelolaan kelas bagi kesiapan belajar peserta didik pengaruh manajemen kelas dengan berbagai pendekatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item