Implementasi program Amaerican Field Service (AFS) di sekolah (studi kasus di MAN 3 Malang) / Yulia Sri Mustika - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program Amaerican Field Service (AFS) di sekolah (studi kasus di MAN 3 Malang) / Yulia Sri Mustika

Mustika, Yulia Sri (2014) Implementasi program Amaerican Field Service (AFS) di sekolah (studi kasus di MAN 3 Malang) / Yulia Sri Mustika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi Program American Field Service (AFS) di Sekolah di MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kata Kunci implementasi program American Field Service American Field Service 12288 12288 12288 12288 Peserta didik merupakan salah satu unsur inti dalam kegiatan pendidikan. Demi memperoleh output yang memiliki nilai keunggulan sekolah melakukan berbagai program peserta didik yang sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Salah satunya melalui program pertukaran antarbudaya. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang adalah lembaga pendidikan umum di tingkat menengah atas yang mengikuti program tersebut. Program pertukaran antarbudaya adalah pertukaran yang mengirim peserta didik ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu dalam rangka mengenalkan budaya negara asal. American Field Service (AFS) Intercultural Programs merupakan salah satu organisasi di bidang pertukaran antarbudaya untuk meningkatkan pemahaman antarbudaya Indonesian dan Amerika. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan peran serta MAN 3 Malang dalam AFS Intercultural (2) mendeskripsikan proses seleksi AFS Intercultural Programs (3) mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan selama program pertukaran antarbudaya AFS Intercultural Programs (4) mendeskripsikan hasil yang didapat dari kegiatan AFS Intercultural Programs dan (5) mendeskripsikan dampak dari AFS Intercultural Programs. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan temuan yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini (1) peran serta MAN 3 Malang dalam AFS Intercultural Programs yaitu mensosialisasikan program AFS melalui BK dan guru Bahasa Inggris sejak peserta didik mengikuti MOS serta pada kegiatan ekstrakurikuler English club dan English development center. Dukungan yang diberikan MAN 3 Malang berupa memfasilitasi peserta didik dalam mempersiapkan program AFS (2) proses seleksi program AFS melalui lima tahap seleksi kriteria kelulusan seleksi adalah kemampuan berbahasa inggris dan psikologi peserta didik (3) kegiatan yang dilakukan selama program pertukaran antarbudaya AFS Intercultural Programs peserta didik bersekolah di Oakland School for The Art. Peserta didik memilih department vocal untuk kegiatan seni dan mengambil lima kelas akademik socio studies yaitu Sejarah Seni (Art History) Sociology Sastra Inggris (English Literature) Ekonomi dan Pemerintahan Amerika serta Sejarah Amerika. Kegiatan non-akademik yaitu relawan (volunteering) peserta didik bergabung dalam sebuah organsasi yang bernama Pink Club dan Assistant League. (4) hasil kegiatan AFS Intercultural Programs yang diperoleh yaitu pesrta didik memiliki wawasan yang lebih luas. Hasil non-akademik yang diperoleh yaitu meningkatnya keterampilan bahasa keterampilan kepemimpinan (leadership skill) percaya diri (self confidence) dan keterampilan hidup (life skill) dan (5) dampak yang dialami peserta didik yaitu memiliki teman dekat baru peserta didik memiliki kemampuan yang lebih kritis menghargai perbedaan dalam hal pola pikir dan cara hidup. Dampak bagi MAN 3 Malang yaitu peningkatan di bidang prestasi program AFS dianggap sebagai upaya untuk mengangkat citra MAN 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Saran diberikan kepada (1) Kepala MAN 3 Malang hendaknya dapat melegalitaskan program AFS dengan ditandai dengan surat perjanjian tertulis (2) peserta didik yang sudah mengikuti program AFS dapat membagi pengetahuan ilmu dan wawasan kepada madrasah (3) Kepala Bina Antarbudaya chapter Malang kajian tentang program AFS dapat djadikan perbaikan terhadap pelaksanaan program AFS di SMA/sederajat Indonesia (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan penelitian tentang program AFS dapat dimanfaatkan untuk pengembangan jurusan (5) Peneliti Lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber rujukan dalam melakukan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3591

Actions (login required)

View Item View Item