Apriliyandari, Risca (2014) Pengelolaan ekstrakurikuler jurnalistik untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa (studi kasus di SMA Negeri 1 Garum Blitar) / Risca Apriliyandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengelolaan Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Negeri 1 Garum untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Garum). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci pengelolaan ekstrakurikuler jurnalistik 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Zaman modern seperti sekarang kehidupan masyarakat tidak dapat dilepaskan dari jurnalistik dan pers. Manusia sekarang ini tidak dapat hidup tanpa mendapatkan suguhan pers. Ekstrakurikuler jurnalistik merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi diri melalui suatu karya baik tulisan maupun karya yang lain. Jurnalis sekolah mempelajari keahlian yang bisa dipakai pada kehidupan dewasa kelak dan juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis logis dan keahlian berorganisasi serta melakukan wawancara. Menjadi jurnalis memiliki banyak kelebihan di antaranya mempunyai pengetahuan yang lebih banyak daripada profesi lain karena mempelajari berbagai bidang ilmu menghasilkan karya tulisan untuk menambah ilmu bagi orang lain dan memperoleh pengalaman baru ketika mencari informasi untuk bahan berita. Peneliti melakukan penelitian tentang ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Garum karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang berprestasi dibidang tersebut. Ekstrakurikuler tersebut memiliki dua pembina yaitu Pembina Dalam dan Pembina Luar. Selain itu ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Garum mempelajari banyak hal yaitu menulis kepenyiaran perfilman dan wartawan serta keorganisasian dan sosial. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian yaitu pengelolaan ekstrakurikuler jurnalistik untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMA Negeri 1 Garum. Fokus rinci penelitian terdiri dari (1) perencanaan ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum (2) pengorganisasian ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum (3) pelaksanaan ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum (4) evaluasi ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum (5) kendala dan pendukung dalam pengelolaan ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum dan (6) upaya mengatasi kendala dan pemberdayaan pendukung dalam pengelolaan ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Raya Bence Garum Blitar. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjelaskan fokus penelitian yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji kredibilitas data yang terdiri dari (1) perpanjangan pengamatan (2) peningkatan ketekunan dalam penelitian (3) triangulasi diferibilitas dan konfirmabilitas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penemuan penelitian ini meliputi (1) perencanaan ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum terdiri dari rapat oleh pembina dan anggota menyusun program kerja perencanaan jadwal setiap program kerja perencanaan keuangan setiap program kerja konsultasi program kerja dengan sekolah (2) pengorganisasian ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum terdiri dari kualifikasi pembina perekrutan anggota pemilihan pengurus ekstrakurikuler pembagian jabatan pengurus pembagian tugas pengurus (3) pelaksanaan ekstrakurikuler jurnalistik terdiri dari implementasi program kerja evaluasi program kerja perubahan program kerja hasil karya prestasi publikasi hasil karya (4) evaluasi ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Garum terdiri dari evaluasi oleh ekstrakurikuler dan sekolah aspek yang dinilai sikap tugas dan kerjasama evaluasi dilakukan oleh Pembina Luar dan dilakukan setiap saat sekolah memantau jurnal kegiatan ekstrakurikuler dan daftar hadir setiap bulan setiap akhir tahun kepenguruan sekolah meminta laporan pertanggungjawaban kepada ekstrakurikuler (6) kendala ekstrakurikuler terdiri atas keaktifan siswa dan publikasi pendukung ekstrakurikuler terdiri dari sarana prasarana biaya pembina dan walimurid (7) upaya mengatasi kendala terdiri dari memberikan izin dan memeberikan ketegasa kepada anggota serta mengaktifkan blog dan mengirimkan karya ke media pemberdayaan pendukung terdiri dari mngadakan kegiatan secara optimal kerjasama dengan berbagai pihak mengelola keuangan secara baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala SMA Negeri 1 Garum diharapkan dapat memberikan pengawasan dan motivasi kepada ekstrakurikuler jurnalistik (2) Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan diharapkan memberikan pengarahan dan motivasi kepada ekstrakurikuler jurnalistik (3) pembina ekstrakurikuler diharapkan dapat memberikan inovasi baru dalam pembelajaran menjalin kerjasama dengan sekolah lain mengikuti berbagai lomba (4) anggota ekstrakurikuler jurnalistik diharapkan dapat mengirimkan karyanya ke media mengaktifkan media sosial untuk publikasi kepada masyarakat (5) jurusan administrasi pendidikan diharapkan dapat menjadi tambahan literature terutama dalam ilmu manajemen peserta didik (6) peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian pengembanagan mengenai pengelolaan ekstrakurikuler jurnalistik. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3590 |
Actions (login required)
View Item |