Penerapan model pembelajaran SQ5R (Survey, question, read, reflect, record, recite, review) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Prupuh Panceng Gresik / Silvia Herlin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran SQ5R (Survey, question, read, reflect, record, recite, review) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Prupuh Panceng Gresik / Silvia Herlin

Herlin, Silvia (2012) Penerapan model pembelajaran SQ5R (Survey, question, read, reflect, record, recite, review) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Prupuh Panceng Gresik / Silvia Herlin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran SQ5R Hasil Belajar Bahasa Indonesia Hasil pengamatan di SD Negeri Prupuh menyatakan bahwa proses pembelajaran di kelas masih kurang berpusat pada siswa. Guru juga belum pernah menggunakan variasi model atau teknik pembelajaran untuk mengatasi permasalahan yang ada pembelajaran yang dilakukan sifatnya konvensional. Hal-hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kurang maksimal. Penelitian ini menjelaskan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model SQ5R (Survey Question Read Reflect Record Recite Review) untuk melihat hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Prupuh Panceng. Proses pelaksanaan tindakan model pembelajaran SQ5R ini dilakukan melalui 7 tahapan yaitu guru membimbing siswa menyelidiki dan membaca sekilas untuk mengetahui gambaran umum teks bacaan (Survey) menjawab pertanyaan-pertanyaan (Question) membaca secara aktif (Read) aktivitas memberikan contoh dari bahan bacaan dan membayangkan konteksaktual yang relevan (Reflect) mencatat ide pokok dan hal-hal yang penting (Record) menceritakan kembali bacaan dengan kata-kata sendiri (Recite) dan mengulangi dengan membuat kesimpulan bacaan (Review). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Prupuh Panceng Gresik pada tanggal 11 April sampai 19 April 2012. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus. Sebelum dilaksanakan siklus 1 terlebih dahulu dilakukan tahap observasi awal dan refleksi awal. Siklus tersebut terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data penelitian yang dikumpulkan adalah hasil belajar kognitif siswa yang berasal dari hasil rata-rata tugas individu yang mereka kerjakan selama siklus berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ5R dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dari sebelum penerapan dan setelah penerapan model pembelajaran SQ5R siklus I yaitu 57% menjadi 71%. Sehingga rerata kelas mengalami kenaikan dari 70 menjadi 74. Sedangkan hasil belajar pada sikus II mengalami peningkatan 86% sehingga rerata kelas mengalami kenaikan 80. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ5R dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Prupuh Panceng Gresik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item