Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan (studi kasus di Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Rohmitriasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan (studi kasus di Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Rohmitriasih

Rohmitriasih (2014) Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan (studi kasus di Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Rohmitriasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohmitriasih. 2014. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang). Skripsi Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd M.Si. Kata kunci Strategi pemasaran jasa pendidikan loyalitas pelanggan Salah satu upaya untuk melancarkan pemasaran jasa pendidikan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yakni sekolah mampu merencanakan strategi yang tepat untuk meninjau pasar dan kebutuhan pelangggan jasa pendidikan. Wijaya (2012 55) menjelaskan bahwa setiap sekolah harus berusaha agar tetap hidup berkembang dan mampu bersaing. Strategi pemasaran merupakan rencana suatu organisasi yang dibuat untuk melakukan pemasaran dengan memperkenalkan organisasinya kepada publik. Jasa pendidikan merupakan produk yang dihasilkan untuk memenuhi pelanggan pendidikan (siswa) dapat diidentifikasi dan dirasakan namun tidak berwujud. Loyalitas pelanggan sendiri adalah komitmen secara baik dari pelanggan jasa yang sudah ada untuk melakukan pembelian ulang ataupun merekomendasikan orang sekitarnya untuk membeli produk yang sama dengannya. Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan (2) mendeskripsikan implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan (3) mengetahui evaluasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan (4) menemukan dan mendeskripsikan masalah pada implementasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan (5) menemukan dan mendeskripsikan pemecahan masalah pada implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanngan di SD lab UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data yakni peneliti sendiri. Prosedur pengumpulan data yakni dengan teknik wawancara teknik observasi dan data dokumentasi yang diperoleh peneliti dari informan sumber data primer ataupun sekunder. Analisis data menggunakan reduksi data display data dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan temuan sendiri dilakukan peneliti melalui ketekunan pengamatan triangulasi dan pengecekan keabsahan keanggotaan. Tahap-tahap yang dilakukan peneliti adalah tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh temuan penelitian bahwa (1) perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan (a) disusun oleh kepala sekolah yang tetap melibatkan tenaga kependidikan dan non kepependidikan (b) adanya program (cambridge) pembelajaran yang unik (c) pelayanan maksimal dari segi pembelajaran inovatif (d) hubungan baik dengan pelanggan pendidikan (e) sekolah terbuka kepada pelanggan dan masyarakat luas dan (f) promosi sekolah. (2) Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah (a) pelayanan maksimal dari tenaga kependidikan dan non-kependidikan untuk pelanggan (b) orangtua hadir pada kegiatan sekolah dan (c) promosi sekolah dilakukan melalui media cetak media elektronik dan secara langsung oleh karyawan sekolah. (3)Evaluasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah (a) evaluasi dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Waka-waka evaluasi keberhasilan pembelajaran dilakukan setiap satu bulan sekali sedangkan untuk publikasi dilakukan saat PMB (b) tolak ukur keberhasilan strategi pemasaran dilihat dari penerimaan murid baru dan antusiasme pelanggan pendidikan dan (c) evaluasi menjadi program humas berupa respon siswa/orang tua mengenai pembelajaran dan pelayanan jasa pendidikan. (4) Masalah implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah (a) perhatian kurang dari universitas (b) dana terbatas (c) penyampaian program pembelajaran dan pelayanan yang harusnya diberikan tenaga kependidikan maupun non kependidikan kurang maksimal dan (d) keluhan pelanggan. (5) Pemecahan masalah strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan lotalitas pelanggan adalah (a) pelayanan prima terus dikembangkan (b) evaluasi dan binaan kepada tenaga kependidikan ataupun kependidikan SD Lab UM (c) meminta perhatian dan pendampingan dari Universitas dan (d) pengoptimalan dana yang ada. Hasil evaluasi strategi pemasaran yang ada bahwa pelanggan SD Laboratoium cukup loyal karena (1) pelanggan melakukan pembelian ulang (2) antusiasme yang baik mengenai kegiatan sekolah (3) mereferensikan sekolah ke orang-orang sekitarnya dan (4) pembayaran jasa pendidikan tepat waktu. Saran yang dapat diberikan dari kesimpulan penelitian ini adalah (1) kepada kepala sekolah SD Lab UM hendaknya merencanakan strategi yang lebih matang dan update serta melakukan sosialisasi dan pembinaan lebih kepada karyawan SD Lab UM (2) kepada tenaga kependidikan dan non-kependidikan SD Lab UM untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan pendidikan (3) ketua dosen dan mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya mengkaji lebih dalam mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan sebagai bahan ajar dan merencanakan strategi memasarkan jurusan Administrasi Pendidikan kepada publik dan (4) peneliti lain hendaknya melakukan penelitian pengembangan dan penelitian tindakan sekolah berkenaan strategi pemasaran jasa pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item